MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH (Studi Kasus Peserta Didik Kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019)
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan: (1) memperoleh gambaran, paparan, dan juga pengetahuan yang berkaiatan dengan manajemen pendidikan karakter secara umum, (2) memperoleh pengetahuan, analisis data manajemen, persamaan manajemen, perbedaan manajemen, faktor penghambat dan juga faktor pendukung manajemen pendidikan karakter peserta didik kelas tujuh di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Gamping.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan dalam dunia pendidikan secara langsung. Tempat penelitian yang pertama di SMP Muhammadiyah 1 Gamping dan Tempat penelitian yang kedua di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriftif komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan manjemen pendidikan karakter dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Gamping sebagai berikut: (1) Manajemen pendidikan karakter mencakup empat hal: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (2) Terdapat persamaan dan juga perbedaan dalam empat hal manajemen pendidikan karakter yang mencakup: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (3) Faktor-faktor yang mendukung manajemen pendidikan karakter agar terbentuk peserta didik yang memiliki sikap akhlakul karimah meliputi: sikap baik sejak lahir, mempunyai kepribadian baik, berasal dari keluarga yang baik, pendidik yang baik, serta lingkungan yang baik pula. (4) Faktor-faktor yang menghambat manajemen pendidikan karakter agar terbentuk peserta didik yang memiliki sikap akhlakul karimah meliputi: terbatasnya waktu di sekolah, kesibukan orang tua/ wali, sikap orang tua kurang baik, lingkungan yang kurang baik, serta pengaruh gawai.