PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR (OVERLAY) METODE LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM (STUDI KASUS: RUAS JALAN AGRODADI, SEDAYU, KAB.BANTUL,DIY)
Abstract
Evaluasi pada perkerasan ruas Jalan Agrodadi, sedayu, Kabupaten Bantul dilakukan mengingat aktivitas lalu lintas pada ruas jalan tersebut semakin meningkat akibat pertumbuhan aktivitas lalu lintas masyarakat sekitar yang tinggi ditambah Jalan Sedayu merupakan jalan alternatif truck dari arah Jogja-Bantul, banyaknya kendaran dengan tonase tinggi yang melintas hingga menyebabkan kerusakan di beberapa titik perkerasan. Benkelman Beam merupakan alat yang digunakan dalam melakukan pengujian lendutan pada ruas Jalan Agrodadi, Sedayu, Kabupaten Bantul, alat ini dapat digunakan untuk mengukur lendutan balik dan lendutan langsung pada lapisan perkerasan jalan akibat beban lalu lintas, adapun data pengujian dapat digunakan dalam analisa perencanaan lapis tambahan (overlay). Berdasarkan hasil analisis data primer dan sekunder yang telah di dapat, dapat dinyatakan bahwa data lendutan balik rata-rata (dR) yang menggambarkan keadaan struktur pekerasan di dapat tebal lapis tambah berdasarkan tebal perencanaan yaitu sebesar -0,66 cm dengan jenis lapis tambah Laston (Asphlat Concrete). Umur pelayanan rencana sebesar 10 tahun dalam perencanaan tebal lapis tambah perkerasan lentur dengan akumulasi beban sumbu lalu lintas (CESA) selama umur rencana pada ruas Jalan Agrodadi, Sedayu sebesar 6.470.000 ESA.