PENGARUH PENGALAMAN, INTERAKSI INDIVIDU DAN HUBUNGAN SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN MEDIASI KOMITMEN KOMUNITAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengalaman, interaksi individu dan hubungan sosial terhadap loyalitas merek dengan mediasi komitmen komunitas sebagai variabel intervening, studi pada pengguna kamera DSLR Canon. Objek dalam penelitian ini adalah Produk kamera DSLR Canon. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah pengguna kamera DSLR Canon yang tergabung di dalam komunitas fotografi dengan kriteria sudah bergabung ke dalam komunitas 5 bulan atau lebih.
Dalam penelitian ini menggunakan 150 respondnen yang dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, apabila responden tidak memenuhi kriteria yang sudah ditentukan maka responden tersebut tidak dapat dijadikan responden penelitian. Adapun kriteria yang sudah ditentukan dalam penelitian ini untuk menjadi responden adalah tergabung ke dalam komunitas fotografi, usia 18 tahun keatas, sudah bergabung di dalam komunitas minimal 5 bulan atau lebih. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM ( Structural Equation Modeling ) dengan menggunakan SPSS Amos 22.0 sebagai alat ukurnya.
Dari hasil yang sudah ada, diperoleh hasil bahwa pengalaman tidak berpengaruh positif terhadap komitmen komunitas, interaksi individu berpengaruh positif terhadap komitmen komunitas, hubungan sosial berpengaruh positif terhadap komitmen komunitas, komitmen komunitas berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, pengalaman berpengaruh positif terhadap loyalitas merek yang di mediasi komitmen komunitas, interaksi individu berpengaruh positif terhadap loyalitas merek yang di mediasi komitmen komunitas, hubungan sosial berpengaruh positif terhadap loyalitas merek yang di mediasi komitmen komunitas.