Show simple item record

dc.contributor.advisormarsudi, imam
dc.contributor.authorPRATAMA, RIDWAN ADI
dc.date.accessioned2019-12-14T01:46:51Z
dc.date.available2019-12-14T01:46:51Z
dc.date.issued2019-06-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30932
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Ngargomulyo, Dukun, Magelang ditinjau dari segi context, input, process dan product. Alasan diadakan penelitian ini adalah karena adanya peraturan baru untuk menerapkan kurikulum 2013 pada setiap lembaga pendidikan formal (sekolah). Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana efektivitas implementasi pembelajaran dengan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun model evaluasi yang digunakan adalah CIPP dengan menganalisis komponen context, input, process dan product. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Ngargomulyo, yaitu: (1) Evaluasi konteks latar belakang pelaksanaan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Ngargomulyo merupakan kebijakan pemerintah dalam bentuk Permendikbud Nomor 160 tahun 2014. (2) Evaluasi input menunjukan bahwa belum adanya seleksi akademik bagi calon peserta didik sehingga guru kurang mengetahui kemampuan awal peserta didik. Karakteristik kesiapan guru dari segi kelengkapanya juga perlu ditingkatkan. (3) Evaluasi proses guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Metode tersebut dirasa kurang berfariatif dan kurang memunculkan minat belajar pada peserta didik. Sarana kelas yang masih konvensional perlu ditingkatkan.(4) Evaluasi product, hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan hasil yang baik terlihat dari hasil belajar peserta didik, prestasi yang diperoleh, dan pengamalan PAI dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Ngargomulyo, Dukun, Magelang ditinjau dari segi context, input, process dan product. Alasan diadakan penelitian ini adalah karena adanya peraturan baru untuk menerapkan kurikulum 2013 pada setiap lembaga pendidikan formal (sekolah). Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana efektivitas implementasi pembelajaran dengan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun model evaluasi yang digunakan adalah CIPP dengan menganalisis komponen context, input, process dan product. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Ngargomulyo, yaitu: (1) Evaluasi konteks latar belakang pelaksanaan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Ngargomulyo merupakan kebijakan pemerintah dalam bentuk Permendikbud Nomor 160 tahun 2014. (2) Evaluasi input menunjukan bahwa belum adanya seleksi akademik bagi calon peserta didik sehingga guru kurang mengetahui kemampuan awal peserta didik. Karakteristik kesiapan guru dari segi kelengkapanya juga perlu ditingkatkan. (3) Evaluasi proses guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Metode tersebut dirasa kurang berfariatif dan kurang memunculkan minat belajar pada peserta didik. Sarana kelas yang masih konvensional perlu ditingkatkan.(4) Evaluasi product, hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan hasil yang baik terlihat dari hasil belajar peserta didik, prestasi yang diperoleh, dan pengamalan PAI dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectevaluasi, model CIPP, pembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleEVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGARGOMULYO DUKUN MAGELANGen_US
dc.typeThesis SKR FAI 273en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record