MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK SISWA SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA
Abstract
Kebahagiaan seorang siswa merupakan hal yang urgensi dalam tolak ukur ketenangan dan kefokusan siswa ketika belajar mengajar. Salah satu indikator siswa yang bahagia adalah siswa yang dapat memiliki kepuasan terhadap pilihannya, termasuk dalam pemilihan sekolah. Namun terdapat beberapa karakter orang tua yang menginginkan anak sekolah di tempat yang sesuai dengan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan proses pelaksanaan konseling kelompok melalui metode snowball throwing guna meningkatkan kebahagiaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : siswa telah memiliki makna mengenai kebahagiaan, pelaksanaan konseling kelompok melalui metode snowball throwing selama siklus I hingga siklus II dapat meningkatkan kebahagiaan siswa dan menjadi salah satu cara yang inovatif dalam pembaharuan metode yang dapat diapliaksikan oleh guru bk dalam pembinaan terhadap kebahagiaan siswa. Adapun faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan metode konseling melalui metode snowball throwing guna meningkatkan kebahagiaan adalah sikap positif guru, sikap positif siswa, sarana prasarana penunjang, teknis pelaksanaan dan perilaku negatif beberapa siswa.