ANALISIS PENGARUH IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SEPATU NIKE DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan dan celebrity endorser terhadap minat beli sepatu Nike dengan brand awareness sebagai variabel intervening. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang pernah melihat iklan sepatu Nike dalam 3 bulan terakhir. Objek dalam penelitian ini yaitu sepatu Nike. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 119 sampel dengan metode non probability sampling dengan jenis Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan software AMOS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, celebrity endorser berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, iklan berpengaruh positif signifikan terhadap brand awareness,celebrity endorserberpengaruh positif sigifikan terhadap brand awareness, minat beli berpengaruh positif signifikan terhadap brand awareness, iklan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli melalui mediasi brand awarenessdan celebrity endorser berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli melalui mediasi brand awareness.