PENGARUH WORD OF MOUTH DAN PRODUK WISATA TERHADAP CITRA DESTINASI DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi pada Objek Wisata di Kulon Progo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth, dan produk
wisata terhadap citra destinasi dan keputusan berkunjung. Subjek dalam penelitian
ini yaitu wisatawan yang pernah melakukan kunjungan wisata di wilayah Kulon
Progo. Objek dalam penelitian ini yaitu objek wisata yang ada di Kulon Progo.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 174 sampel dengan metode
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis SEM ( Structural
Equation Modeling) menggunakan software AMOS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh positif dan
signifikan terhadap citra destinasi, produk wisata berpengaruh positif dan signifikan
terhadap citra destinasi, citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan berkunjung, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan berkunjung, produk wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan berkunjung, citra destinasi mampu memediasi hubungan antara word of
mouth terhadap keputusan berkunjung, dan citra destinasi mampu memediasi
hubungan produk wisata terhadap keputusan berkunjung.