STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TELKOMSEL DALAM PROJECT “TELKOMSEL APPRENTICE PROGRAM” PERIODE OKTOBER 2018 – FEBRUARI 2019 DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication – IMC) yang digunakan oleh Telkomsel dalam Project “Telkomsel Apprentice Program” di Yogyakarta pada Oktober 2018 – Februari 2019. Telkomsel Apprentice Program merupakan program komunikasi pemasaran terpadu dari Telkomsel Pusat yang memiliki tanggungjawab untuk menaikan market share pada segment youth dan melakukan kegiatan pemasaran, promosi, perubahan citra pada produk telkomsel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Telkomsel Apprentice Program dalam menaikan market share pada segment youth (mahasiswa) dengan mengkombinasikan bauran promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview) oleh staff supervisor telkomsel, para apprentice serta konsumen, melakukan dokumentasi, dan data pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa telkomsel apprentice program menggunakan desain sebagai menarik perhatian, ajakan, kesadaran, menentukan keputusan dan mengimplementasikan semua bauran promosi. Melakukan iklan dengan paid promote pada akun Instagram @jogjainfo, pemasaran langsung dengan berjualan di Sunday Morning UGM, pemasaran interaktif menggunakan website dan mentor, promosi penjualan dengan memberikan harga khusus apabila menggunakan aplikasi resmi telkomsel, hubungan masyarakat melakukan kegiatan seminar di kampus-kampus, dan publisitas yang dilakukan oleh kampus dengan menggunakan web jurusan.