PENGARUH KREATIFITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPIT MASJID SYUHADA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah kreativitas guru sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IX SMP IT Masjid Syuhada, Tahun Ajaran 2019/2020 menggunakan teknik nonprobability sampling yang berjumlah 101 siswa. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan korelasi product moment dengan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Hal ini dibuktikan pada uji statistik pada nilai Coefficients diperoleh t hitung = 1,092. Dengan mencari statistik tabel dengan kriteria : Tingkat signifikan (α = 0,05) untuk uji dua pihak, Df atau dk (derajat kebebasan) = jumlah data – 2, atau 101 – 2 = 99, sehingga di dapat t tabel = 1,660. Ternyata, nilai t hitung < t tabel (1,092<1,660), maka Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak signifikan. Maka, hasilnya variabel kreativitas guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu tidak menggunakan variabel guru secara khusus pada satu mata pelajaran tertentu.