PENGARUH PERSEPSI GREEN MARKETING TERHADAP CITRA MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU PHILIPS LED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran citra merek dalam memediasi pengaruh persepsi green marketing terhadap keputusan pembelian. Informasi yang didapat dari penelitian ini sangat penting bagi manajamen perusahaan sebagai bahan pertimbangan peningkatan strategi green marketing dan strategi peningkatan citra merek agar keputusan pembelian dapat di tingkatkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk lampu Philips LED di Yogyakarta.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan dengan menggunakan kuisioner dan diperoleh 120 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, Citra merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Green marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berperan sebagai mediasi parsial dalam pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian.