PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN ULANG (STUDI PADA WAROENG SPESIAL SAMBAL DI DIY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan,
persepsi harga, lokasi dan variasi produk terhadap keinginan pembelian ulang pada
Waroeng Spesial Sambal di DIY. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat
umum yang berdomisili di DIY, memiliki usia minimal 17 tahun, pernah melakukan
pembelian lebih dari 1 kali, dan melakukan pembelian dalam 6 bulan terakhir di
Waroeng Spesial Sambal.
Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden
yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non
probability sampling dengan metode purposive sampling dan menyebarkan
kuesioner kepada responden menggunakan google forms. Alat analisis yang
digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan program aplikasi SPSS 22.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kualitas layanan, persepsi
harga, lokasi dan variasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keinginan pembelian ulang. Kualitas layanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keinginan pembelian ulang, persepsi harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan pembelian ulang, lokasi
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keinginan pembelian ulang, dan
yang terakhir variasi produk berpengaruh negativ dan tidak signifikan terhadap
keinginan pembelian ulang.