PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap kepercayaan merek dan keputusan pembelian studi kasus pada pelanggan kosmetik merek Emina. Subjek yang terdapat pada penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah melakukan pembelian kosmetik merek Emina sebanyak dua kali dalam waktu dua tahun terakhir.
Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 119 responden yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling dan menyebar kuesioner kepada responden menggunakan Google Form. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program aplikasi AMOS ver21.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menyatakan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek, kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepercayaan merek, persepsi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.