INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PROMOSI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TAHUN 2019
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan RS PKU Muhammadiyah Gamping dalam menggunakan Instagram untuk membentuk brand awareness. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai New Media, promosi, sosial media marketing, dan brand awareness. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan media sosial Instagram sebagai media promosi oleh RS PKU Muhammadiyah Gamping dalam pembentukan brand awareness. Penelitian ini berlokasi di Yogyakarta.Sumber penelitian ini berasal dari hasil wawancara dari informan dan dokumen. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dalam melaksanakan promosi RS PKU Muhammadiyaah Gamping melakukan hal-hal baru dalam menggunakan Instagram sebagai alat promosi agar membentuk brand awareness, serta merupakan upaya dakwah kesehatan. Dimana selain memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram, seperti hastag #pkugmapingikhtiarsehatku, juga melakukan cross promotion dengan akun media sosial facebook dan twitter yang dimiliki oleh rumah sakit. Selain itu konten yang belum konsisten serta interaktifitas yang masih kurang serta belum ada ketersinambungan antara konten dan juga brand yang ingin dibangun yaitu Rumah Sakit Ramah Geriatri namun masih belum ada konten maupun unggahan terkait brand yang ingin dibangun oleh rumah sakit.