PENERAPAN MEDIA KOTAK BARANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYYAH SENGGOTAN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab dan kurangnya minat siswa kelas IV SD Muhammadiyyah Senggotan Bantul
dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media shunduq al-Asy ya' sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan bahasa shunduq Al asy ya' terhadap peningkatan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab dan mengetahui proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan penerapan media shunduq al-asy ya'. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan metode gabungan (mix methods research). Penelitian gabungan ini memadukan penjaringan dan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun bentuk penelitian eksperimen dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan obyek yang di gunakan adalah kelas IV B SD Muhammadiyyah Senggotan Bantul. Dengan penelitian media shunduq al-Asy ya' di harapkan dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menghafal kosakata setelah penerapan media shunduq al-Asy ya'. Penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata dari 61,74 menjadi 80,00. Perbedaan yang signifikan di ketahui berdasarkan pada Analisis data melalui Uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0.05, maka Ha di terima. Dari hasil analisis semua data menunjukkan peningkatan kemampuan menghafal kosakata siswa setelah penerapan media shunduq al-Asy ya' dalam proses pembelajaran.