STUDI EKSPERIMEN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATAN KOSA KATA ARAB SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN 2018-2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari studi eksperimen dan penerapan metode brnyanyi untuk meningkatkan kosa kata Arab siswa kelas empat di SD Muhammadiyah Borobudur tahun ajaran 8102l8102.
Penelitian ini didasarkan pada pendekatan kuantitatif di mana Pre-Eksperiment one group design pretest postetst. Dengan sampel penelitian adalah
01 siswa kelas empat SD Muhammadiyah Borobudur, sedangkan metode pengumpulan data didasarkan pada tiga langkah yaitu: observasi, pengujian dan dokumentasi
Salah satu hasil yang paling penting adalah bahwa metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas empat di SD Muhammadiyah Borobudur memberikan kecakapan bahasa Arab pada siswa. Perkembangan ini ditandai dengan hasil perhitungan dengan rata-rata 70,17 untuk pretest dan 20,18
untuk postest setelah treatment (Metode Bernyanyi)