Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, NAIM MUH
dc.contributor.authorHINDUN
dc.date.accessioned2020-10-17T01:31:46Z
dc.date.available2020-10-17T01:31:46Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35662
dc.descriptionLatar Belakang: Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019, Masih ditemukan guru yang menggunakan metode ceramah, dalam penyampaian materi kepada siswa, sehingga hal ini dapat dikatakan masih kurang efektif dan efisien bagi siswa. Dan pengaruhnya diantaranya siswa menjadi sulit memahami materi dari guru dan menjadi bosan, karena guru yang menggunakan metode ceramah dianggap monoton dalam kelas ketika proses pembelajaran. Maka dalam hal ini, metode bermain gambar tematik merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta agar kegiatan dalam kelas dapat berkembang dan siswa dapat memahami penyampaian materi dengan baik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penambahan mufradat dengan menggunakan metode bermain gambar tematik pada siswa kelas B1 di Taman Kanakkanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019. 2) Untuk menguji seberapa berpengaruh penerapan metode bermain gambar tematik dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018- 2019. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen one grup pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas B1. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre test dan post test, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen, dan uji t. Hasil Penelitian: Hasil ini menunjukkan peningkatan dari pre test ke post test. Perolehan nilai sebelum diberi treatment (Pretest) diperoleh nilai terendah sebesar 21, dan nilai tertinggi sebesar 36. Sedangkan setelah diberi treatment (Post test) nilai terendah sebesar 27, dan nilai tertinggi sebesar 40. Adapun hasil dari Uji-t, diperoleh hasil perhitungan Ujit diperoleh nilai t-hitung 5,04 sedangkan t-table 2,94 . Jadi t-hitung lebih besar dari tjadwal, maka terdapat pengaruh disini.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019, Masih ditemukan guru yang menggunakan metode ceramah, dalam penyampaian materi kepada siswa, sehingga hal ini dapat dikatakan masih kurang efektif dan efisien bagi siswa. Dan pengaruhnya diantaranya siswa menjadi sulit memahami materi dari guru dan menjadi bosan, karena guru yang menggunakan metode ceramah dianggap monoton dalam kelas ketika proses pembelajaran. Maka dalam hal ini, metode bermain gambar tematik merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta agar kegiatan dalam kelas dapat berkembang dan siswa dapat memahami penyampaian materi dengan baik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penambahan mufradat dengan menggunakan metode bermain gambar tematik pada siswa kelas B1 di Taman Kanakkanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019. 2) Untuk menguji seberapa berpengaruh penerapan metode bermain gambar tematik dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018- 2019. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen one grup pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas B1. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre test dan post test, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen, dan uji t. Hasil Penelitian: Hasil ini menunjukkan peningkatan dari pre test ke post test. Perolehan nilai sebelum diberi treatment (Pretest) diperoleh nilai terendah sebesar 21, dan nilai tertinggi sebesar 36. Sedangkan setelah diberi treatment (Post test) nilai terendah sebesar 27, dan nilai tertinggi sebesar 40. Adapun hasil dari Uji-t, diperoleh hasil perhitungan Ujit diperoleh nilai t-hitung 5,04 sedangkan t-table 2,94 . Jadi t-hitung lebih besar dari tjadwal, maka terdapat pengaruh disini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFPB UMYen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BAHASA ARABen_US
dc.subjectKOSAKATAen_US
dc.subjectMETODE BERMAIN GAMBARen_US
dc.titlePENERAPAN BERMAIN GAMBAR TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL QUDWAH POGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record