2018 - 2019 رسالةالبحث تحليل بنوداالختباراليومي لدرساللغةالعربيةفيالفصل الثالث باملدرسةاإلبتدائيةاملحمدية سيدوأروم يوكياكرتا للسنةالدراسية
Abstract
Malikhatun Nasikhah, “Analisis Butir Soal Ulangan Harian Mata Pelajaran
Bahasa Arab Kelas III SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta Tahun Ajaran
2018/2019”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas
Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ulangan Harian
Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta
Tahun Ajaran 2018/2019 apabila ditinjau dari daya beda soal dan tingkat kesukaran
soal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena data penelitian yang berupa
angka dan menggunakan analisis statistik dalam aplikasi excel. Pengumpulan data
penelitian ini dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan program
aplikasi excel AnBuSo (Analisis Butir Soal) versi 5.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyusunan soal bahasa Arab
kurang baik, karena guru kurang memperhatikan tahapan yang digunakan dalam
penyusunan soal sehingga daya beda soal dan tingkat kesukaran soal tidak seimbang,
dan guru tidak membuat silabus. Kemudian soal Ulangan Harian mata pelajaran bahasa
Arab Kelas III SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019
memiliki 25 soal pilihan ganda, 6 soal menjodohkan, 6 soal isilah titik-titik, dan 6 soal
melingkari kata yang tepat sesuai gambar. Untuk soal pilihan ganda soal nomor 5, 6,
11 dan 12 koefisien daya beda soal 0.000 menunjukkan bahwa daya beda soal tidak
baik karena tidak bisa membedakan kemampuan siswa dalam menjawab soal.
Kemudian soal nomor 5 koefisien tingkat kesukaran soal 0.000 kategori sulit,, soal
nomor 6, 11, dan 12 koefisien tingkat kesukaran soal 1.000 kategori mudah, sebaiknya
soal nomor 5, 6, 11 dan 12 dihapus karena memiliki daya beda soal dan tingkat
kesukaran soal yang tidak seimbang. Dan untuk soal uraian daya beda dan tingkat
kesukaran sudah baik, karena tidak ada yang koefisiennya 0.000 dan 1.000.