ثطبيق طزيقة جيكسو بحقىيات الحعلم الحعاووي لترقية مهارة الكالم العزبية ]دراسة ثجزيبية في الصف السابع بمعهد الححفيظ يومي يوكياكزثا الساهة الدراسية
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai,
untuk mempelajari islam, untuk bisnis, diplomatik, wisata lain sebagainya.
Disamping itu untuk mempelajari Bahasa Arab perlu metode-metode yang efektif.
Salah satu metode yang efektif dari model pembelajaran kooperatif yaitu metode
jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berbicara.
Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran
cooperative learning model jigsaw pada siswa untuk belajar Bahasa Arab dikelas
VII Pesantren Tahfidz Yaumi Yogyakarta (2) Untuk mengetahui Bagaimana
signifakansi hasil pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Tahfidz Yaumi
Yogyakarta dengan penerapan metode cooperative learning model jigsaw.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jenis
penelitian pre experiment one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan
data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, metode test, dan
dokumentasi. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif metode
jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab peneliti
menggunakan uji T-hitung.
Peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif metode jigsaw untuk
meningkatkan kemampuan berbicara. Melihat pada rata-rata yang meningkat
setelah diterapkan metode jigsaw dengan pengolahan data T-test dengan
softwhare SPSS 19.0 terlihat bahwa nilai sig = 0.000 nilai siq <0.05 maka Ha
diterima Ho ditolak. Kemudian hasil dari uji validitas teks soal bahwa nilai
korelasi masing-masing soal dibandingkan dengan nilai korelasi tabel dengan
df=5% yaitu 0.294 maka hasilnya butir soal yang valid sejumlah 13 soal dan yang
tidak valid berjumlah 32 soal dan hasil realibilitas bahwa nilai cronbach’s alpha
(0.769)> 0.6 maka dapat dikatakan bahwa soal sudah reliabel.