SEJARAH DAN MODEL GERAKAN KEILMUAN ISLAM
Abstract
Dalam konteks pendidikan Islam sebagai proses penyiapan generasi muslim yang rahmatan lil alamin, diharapkan para pelajar dan sarjana muslim tidak hanya mampu mengadopsi dan beradaptasi dengan sain modern dan keadaan zaman apa adanya, tetapi dibutuhkan kemampuan untuk memprediksi, mengantisipasi hingga mengarahkan proses perubahan agar tetap menuju kemajuan dan kesejahteraan semesta. Pendidikan Islam karenanya memiliki misi untuk menanamkan worldview Islam (atau Islami) yang sekaligus menjadi manifestasi akan keluhuran, keunggulan dan keuniversalan keilmuan Islam sebagai proyeksi nilai-nilai eternal ajaran Islam. Pertanyaannya adalah sudahkah para pendidik sebagai ujung tombak pengemban amanat pendidikan Islam telah cukup memiliki pemahaman komprehensif tentang gerakan keilmuan dalam Islam?, Adalah hal yang sangat mudah untuk dipahami (logis) apabila pendidikan yang dimaknai sebagai ikhtiar penanaman dan pengembangan worldview Islam hanya dapat dilakukan mana kala para pendidiknya sendiri telah memiliki world kemajuan sain modern dan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi yang telah melahirkan beragam media, memberi ruang teramat luas bagi siapapun untuk belajar dan atau memperoleh informasi, pengetahuan, wawasan dan insight lebih dalam. Hal tersebut berarti bidang pendidikan yang berintikan proses pembelajaran secara langsung perlu lebih memberikan bekal pikiran dan sikap kritis kepada peserta didik untuk lebih mampu memilih, memilih, menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan agar dapat berpartisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan global.