Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorSARI, RATNA
dc.date.accessioned2016-12-08T01:49:58Z
dc.date.available2016-12-08T01:49:58Z
dc.date.issued2012-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6982
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pendidikan karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang akan menganalisa dan mendeskripsikan materi pendidikan karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi langsung film animasi Upin dan Ipin dengan cara mengidentifikasi materi pendidikan karakter yang terdapat dalam dialog dan gambar adegan yang berlangsung dalam film tersebut. Melalui pemetaan nilai karakter, peneliti menemukan 14 perilaku untuk nilai operatif moral knowing, 10 perilaku untuk nilai operatif moral feeling, dan 11 perilaku untuk nilai operatif moral behavior. Salah satu kelebihann dari film ini yaitu pada setiap episode tersaii nilai-nilai positif atau pesan moral yang dikemas secara sederhana dalam keseharian anak-anak rumpun melayu, sehingga mudah dicerna oleh anak-anak Indonesia. Sedangkan salah satu kekurangannya yaitu kekerasan pada anak dalam bentuk kekerasan non verbal.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pendidikan karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang akan menganalisa dan mendeskripsikan materi pendidikan karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi langsung film animasi Upin dan Ipin dengan cara mengidentifikasi materi pendidikan karakter yang terdapat dalam dialog dan gambar adegan yang berlangsung dalam film tersebut. Melalui pemetaan nilai karakter, peneliti menemukan 14 perilaku untuk nilai operatif moral knowing, 10 perilaku untuk nilai operatif moral feeling, dan 11 perilaku untuk nilai operatif moral behavior. Salah satu kelebihann dari film ini yaitu pada setiap episode tersaii nilai-nilai positif atau pesan moral yang dikemas secara sederhana dalam keseharian anak-anak rumpun melayu, sehingga mudah dicerna oleh anak-anak Indonesia. Sedangkan salah satu kekurangannya yaitu kekerasan pada anak dalam bentuk kekerasan non verbal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectFILM ANIMASI UPIN DAN IPINen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KARAKTERen_US
dc.titleKAJIAN MATERI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPINen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record