KAJIAN MATERI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pendidikan karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang akan menganalisa dan mendeskripsikan materi pendidikan karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi langsung film animasi Upin dan Ipin dengan cara mengidentifikasi materi pendidikan karakter yang terdapat dalam dialog dan gambar adegan yang berlangsung dalam film tersebut. Melalui pemetaan nilai karakter, peneliti menemukan 14 perilaku untuk nilai operatif moral knowing, 10 perilaku untuk nilai operatif moral feeling, dan 11 perilaku untuk nilai operatif moral behavior. Salah satu kelebihann dari film ini yaitu pada setiap episode tersaii nilai-nilai positif atau pesan moral yang dikemas secara sederhana dalam keseharian anak-anak rumpun melayu, sehingga mudah dicerna oleh anak-anak Indonesia. Sedangkan salah satu kekurangannya yaitu kekerasan pada anak dalam bentuk kekerasan non verbal.