Show simple item record

dc.contributor.advisorAULIA, ALY
dc.contributor.authorKAMAL, M.REZA HAIDAR AL
dc.date.accessioned2016-12-09T08:26:58Z
dc.date.available2016-12-09T08:26:58Z
dc.date.issued2016-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7131
dc.descriptionKementerian Agama Provinsi Jambi merupakan suatu lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang tata kelola keagamaan yang berupaya melayani masya-rakat secara optimal. Dalam upaya nya praktisi humas Kemenag Provinsi Jambi sangat dibutuhkan yaitu untuk mensosialisasikan seputar kebijakan-kebijakan ataupun program-program yang dibuat. Dalam mewujudkan prinsip tersebut humas Kemenag Provinsi Jambi harus melakukan berbagai macam program kegiatan komunikasi kepada publik dengan menggunakan media massa sebagai wadah dalam penyampaian informasi. Beberapa kegiatannya meliputi komunikasi melalui media internal, seperti majalah instansi yang terbit setahun dua kali terbit dengan judul majalah yaitu Al-Kautsar, publikasi program kegiatan dalam bentuk advertorial sebulan satu kali terbit full dalam halaman society di media cetak dan kegiatan media relations lainnya. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dalam hal ini dilakukan empat tahap, Pertama, membuat dan melakukan wawancara dengan narasumber serta mengumpulkan data dari hasil pengamatan observasi, dan studi pustaka. Kedua, mengelompokkan data berdasarkan wawancara dan observasi yang dihubungkan dengan masalah pokok dan tujuan penelitian. Ketiga, menganalisis strategi media relations yang dijalankan, serta membuat kesimpulan, prosedur penelitian nya yaitu di kantor Kemenag Provinsi Jambi bagian informasi dan hubungan masyarakat kemudian dalam penelitian ini peneliti memfokuskan diri pada aktivitas media relations di bagian humas Kemenag Provinsi Jambi dalam mempertahankan citra positif terhadap publik periode 2015-2016. Strategi media relations yang dijalankan oleh humas Kemenag Provinsi Jambi juga didukung dengan kegiatan-kegiatan media relations seperti, press conference, press tour, press interview, press gathering, undangan peliputan, kunjungan ke kantor pers, press release, penulisan advertorial. Adanya hubungan yang harmonis antara humas dengan pihak media, maka tercipta rasa saling menghargai satu sama lain. Rasa mengahargai itu tercermin dari pihak media yang selalu berusaha mengkonfirmasikan terlebih dahulu terhadap isu atau informasi dalam ruang lingkup Kemenag Provinsi Jambi sebelum memuat informasi tersebut menjadi suatu berita di media massaen_US
dc.description.abstractThe Ministry of Religion of Jambi is a government agency engaged in religious governance that seeks to serve a society of optimally. In its efforts to Kemenag Jambi Province public relations practitioners is needed is to socialize about policies or programs were created. In realizing these principles public relations Kemenag Jambi province should undertake a wide range of activity programs communication to the public by using the media as a container in the delivery of information. Some of the activities include communications via the internal media, such as magazines agency published two times a year the magazine is published under the title Al-Kautsar, publications program of activities in the form of an advertorial published one full month in the society pages in the print media and other media relations activities. Data analysis method used is the analysis of qualitative data in this case do four stages, First, create and conduct interviews with sources and gather data from observations observation, and literature. Second, the segment data based on interviews and observations associated with the subject matter and purpose of the study. Third, analyzes strategic media relations of the run, and make their conclusions, the research procedure it is in the office Kemenag Jambi Province piece of information and public relations later in this study researchers focused on the activity of media relations in the public relations department Kemenag Jambi Province in maintaining a positive image to the public the period 2015-2016 Media relations strategies that are run by the public relations Kemenag Jambi province also supported by activities such as media relations, press conferences, press tours, press interviews, press gathering, invitation gathering, visit to the press office, press release, advertorial writing. The existence of a harmonious relationship between public relations with the media, then create a sense of mutual respect for each other. respect taste was reflected in the media who are always trying to confirm in advance the issue or information within the scope of Kemenag Jambi before loading that information into a news story in the media.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectMedia Relations, Public Relations, Image. Media Relations, Humas, Citraen_US
dc.titleSTRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAMBI DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF TERHADAP PUBLIK PERIODE TAHUN 2015-2016 ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Media Relations Humas Kementerian Agama Provinsi Jambi Dalam Mempertahankan Citra Terhadap Publik)en_US
dc.typeThesis SKR 406en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record