dc.contributor.advisor | RASYID, HARYADI ARIEF NUUR | |
dc.contributor.author | BRONA, LENYKA | |
dc.date.accessioned | 2016-12-21T01:54:32Z | |
dc.date.available | 2016-12-21T01:54:32Z | |
dc.date.issued | 2016-12-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7358 | |
dc.description | Iklan merupakan bauran dari sebuah promosi. Pemilihan Barcelona sebagai
brand ambassador di dalam iklan Advan berawal dari kesepakatan kontrak
kerjasama PT. Intech Surya Abadi dengan klub sepakbola Barcelona. Suarez, Jordi
Alba, Iniesta, Pique dan Messi yang menjadi wakil Barcelona yang dipilih sebagai
brand ambassador di dalam iklan tersebut. Mereka merupakan sosok yang sangat
penting di klub Barcelona.Cara inovatif tersebut dilakukan oleh PT Intech Surya
Abadi dalam upayanya mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang telah
ditawarkannya, yaitu produk Smartphone Advan Barca.
Subjek penelitian adalah fans club IndoBarca Jogja sebanyak 100 orang yang
terdaftar sebagai anggota yang bersifat resmi di dalam sebuah komunitas fans
sepakbola.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Penelitian Survei adalah macam
penelitian yang menggunan angket atau kuesioner sebagai sumber data utama.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel
dalam penelitian adalah fans club IndoBarca Jogja sebanyak 100 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Validitas menggunakan uji CFA dan
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kredibilitas endorser
Smartphone Advan terhadap minat beli bagi fans club IndoBarca Jogja. Hal ini
dapat diartikan bahwa kredibiilas Endorser berperan besar terhadap kesuksesan
produk. Endorser yang memiliki pengetahuan, keahlian atau pengalaman yang
relevan dan dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak
bias akan lebih dapat melakukan persuasi dibandingkan dengan seorang sumber
(endorser) yang kurang memiliki keahlian dan tidak dapat dipercaya.
Keberadaan endorser yang kredibel sebagai juru komunikasi diyakini dapat
mengangkat brand awareness dan menumbuhkan minat beli fans club Barcelona di
Yogyakarta terhadap Smartphone Advan. | en_US |
dc.description.abstract | Advertising is a mix of a promotion. Selection of Barcelona as a brand
ambassador in Advan ad begins cooperation contract agreement PT. Intech Surya
Abadi with Barcelona football club. Suarez, Jordi Alba, Iniesta, Pique and Messi
became Barcelona's chosen representative as brand ambassador in the ad. They are
a very important figure in the club's innovative Barcelona.Cara was conducted by
PT Surya Abadi Intech in its efforts influence consumers to buy products that have
been offered, namely Barca Advan Smartphone products.
Subjects were fans club IndoBarca Yogyakarta as many as 100 people are
registered as members of an official nature in a community of football fans.
This type of research survey research. Survey is a kind of inquiry or research
using questionnaires as the main data source. The sampling technique using
accidental sampling. Samples are fans club IndoBarca Yogyakarta as many as 100
people. The technique of collecting data using questionnaires. The validity of using
CFA and reliability test using Cronbach alpha formula. Data were analyzed using
simple regression analysis.
The results showed that there are significant endorser credibility Smartphone
Advan against buying interest for the fans club IndoBarca Jogja. This may imply
that kredibiilas Endorser contribute significantly to the success of the product.
Endorser who has the knowledge, expertise or experience relevant and can be
trusted to provide objective information and not bias will be able to persuade
compared with a source (endorser) that lack the expertise and untrustworthy. The
existence of a credible endorser as interpreter communication is believed to elevate
brand awareness and foster interest in buying the fan club Barcelona in Yogyakarta
on Smartphone Advan. | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | Kredibilitas Endorser, Minat Beli dan Fans Club Barcelona. Iklan merupakan bauran dari sebuah promosi. Pemilihan Barcelona sebagai brand ambassador di dalam iklan Advan berawal dari kesepakatan kontrak kerjasama PT. Intech Surya Abadi dengan klub sepakbola Barcelona. Suarez, Jordi Alba, Iniesta, Pique dan Messi yang menjadi wakil Barcelona yang dipilih sebagai brand ambassador di dalam iklan tersebut. Mereka merupakan sosok yang sangat penting di klub Barcelona.Cara inovatif tersebut dilakukan oleh PT Intech Surya Abadi dalam upayanya mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang telah ditawarkannya, yaitu produk Smartphone Advan Barca. Subjek penelitian adalah fans club IndoBarca Jogja sebanyak 100 orang yang terdaftar sebagai anggota yang bersifat resmi di dalam sebuah komunitas fans sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Penelitian Survei adalah macam penelitian yang menggunan angket atau kuesioner sebagai sumber data utama. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian adalah fans club IndoBarca Jogja sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas menggunakan uji CFA dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kredibilitas endorser Smartphone Advan terhadap minat beli bagi fans club IndoBarca Jogja. Hal ini dapat diartikan bahwa kredibiilas Endorser berperan besar terhadap kesuksesan produk. Endorser yang memiliki pengetahuan, keahlian atau pengalaman yang relevan dan dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak bias akan lebih dapat melakukan persuasi dibandingkan dengan seorang sumber (endorser) yang kurang memiliki keahlian dan tidak dapat dipercaya. Keberadaan endorser yang kredibel sebagai juru komunikasi diyakini dapat mengangkat brand awareness dan menumbuhkan minat beli fans club Barcelona di Yogyakarta terhadap Smartphone Advan. | en_US |
dc.title | PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER PADA IKLAN SMARTPHONE ADVAN VERSI BARCELONA TERHADAP MINAT BELI FANS CLUB BARCELONA DI YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
549 | en_US |