Show simple item record

dc.contributor.advisorLATIEF, HILMAN
dc.contributor.authorFITRONI, ZAENU
dc.date.accessioned2016-12-30T01:54:57Z
dc.date.available2016-12-30T01:54:57Z
dc.date.issued2016-12-08
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7717
dc.descriptionPermasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang perlu dibenahi, karena tingkatnya di Indonesia tinggi. Dalam ajaran Islam, muncul dorongan untuk menyelesaikannya dengan adanya kesadaran pembayaran zakat yang dalam perjalanannya diakomodasi secara profesional oleh lembaga filantropi yang keberadaannya di Indonesia tumbuh subur sehingga memicu persaingan antara lembaga filantropi tersebut. Kajian mutu pelayanan menjadi tolak ukur sebagai pedoman dalam evaluasi guna memenangkan persaingan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui standar mutu pelayanan lembaga filantropi Islam dompet dhuafa Yogyakarta dan proses peningkatan mutu pelayanan lembaga filantropi Islam terhadap Donatur dompet dhuafa Yogyakarta. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berbasis penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data baik primer maupun sekunder. Sumber data primer didapatkan dengan wawancara dan observasi langsung dengan melibatkan 3 pegawai dari dompet dhuafa Yogyakarta dan 2 dari donatur dompet dhuafa Yogyakarta. Sumber data sekunder didapatkan dari studi dokumentasi yang didapatkan dari lembaga dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis sebelum di lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar mutu pelayanan terhadap donatur dompet dhuafa Yogyakarta terdiri dari lima unsur melipui tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dan diantara lima unsur tersebut dimensi reliability dan empathy menjadi standar mutu yang paling maksimal dlakukan oleh dompet dhuafa Yogyakarta. Sedangkan proses peningkatan mutu Pelayanan yang dilakukan Dompet Dhuafa terdiri dari 3 proses yaitu pertama, peningkatan sarana dan prasarana penunjang pelayanan yang masih tidak bisa dilakukan dengan maksimal karena pertanggung jawaban kepada masyarakat yang begitu besar. Kedua, peningkatan kualitas SDM yang memiliki beberapa kategori baik yang bertujuan untuk peningkatan pemahaman spiritual maupun keterampilan teknis. Ketiga, pemenuhan janji pelayanan yang dilakukan dengan metode lama maupun modern dan pelaksanaannya melalui media cetak maupun media elektronik.en_US
dc.description.abstractThe issue of poverty is an issue needed to solve due its high number in Indonesia. In Islamic teaching, there is a motivation to solve it by paying zakat accommodated by the philantrophy institution to solve. In Indonesia, these institutions grow very well. It cause strict competition among these philanthropy institutions. The service quality studies become the benchmark as guidance in doing evaluation to win the competition. The research objective is to find out the service quality standard of the Dompet Dhuafa Yogyakarta as an Islamic philanthrophy institution toward the donor, Dompet Dhuafa Yogyakarta. The research type is a field research with a qualitative research based using both primary and secondary data. The primary data source was collected conducting some interviews and direct observation involving 3 emploees of Dompet Dhuafa Yogyakarta. The secondary data source was collected from the documentations studies collected from, the institutions and library research. The data analysis technique used was descriptive qualitative analysis before, during, after being implemented in the field. The research result shows that the service quality standard toward the donors Dompet Dhuafa Yogyakarta consisting 5 aspects, the dimensions of reliability and emphaty. Among these 5 aspects, the dimensions of reliability and emphaty become the most maximum quality standard conducted by Dompet Dhuafa Yogyakarta. Meanwhile, the service quality development process conducted by Dompet Dhuafa Yogyakarta consist of 3 process. First, the increase of the quality supporting facilities cannot have been done maximally due to the big responsibility toward the society. Second, the increase of Human Resources quality has some good caregories aiming at increasing the spiritual understanding as well as technical skills. Third, the service fulfillment is done using both conventional and modern methods and is implemented through both printed and electronic media.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectQuality Service Standard, Service Quality Development Process, Dompet Dhuafa Donors. Standar Mutu Pelayanan, Proses Peningkatan Mutu Pelayanan, Donatur Dompet Dhuafa Yogyakartaen_US
dc.titleMODEL PENINGKATAN MUTU PELAYANAN LEMBAGA FILANTROPI ISLAM TERHADAP DONATUR (Studi Kasus Dompet Dhuafa Yogyakarta)en_US
dc.typeThesis SKR 289en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record