Show simple item record

dc.contributor.advisorSANTOSA, DWI
dc.contributor.authorARROZI, MUHAMMAD DANANG
dc.date.accessioned2017-01-11T07:10:39Z
dc.date.available2017-01-11T07:10:39Z
dc.date.issued2017-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8132
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di MTs Negeri Loano Purworejo khususnya pada penerapan, pencapaian dan hambatan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di MTs Negeri Loano Purworejo. Dengan harapan peneliti mengetahui lebih luas kurikulum 2013 di Madrasah yang ditelitinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative research) adalah suatu suatu penelitian yang diajukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis denomena, perestiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang berfungsi mengukur kinerja kurikulum untuk mengotrol pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan. Hasil penelitian Kurikulum 2013 MTs Negeri Loano Purworejo sebagai madrasah Negeri di Kabupaten Purworejo yang menerapkan kurikulum 2013 untuk belajar mengajar dalam kelas, jika kita lihat lebih dalam MTs Negeri Loano Purworejo mempunyai keunggulan untuk menerapkan kurikulum 2013 dalam menjadikan peserta didik beriman dan bertakwa. Ketercapaian sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 adalah kepemimpinan kepala sekolah, terutama dalam mengoordinasikan, menggerakkan, dan menyelaraskan semua sumberdaya pendidikan yang tersedia. Peran waka kurikulum dalam mengatur kegiatan belajar mengajar seperti mengatur beban belajar guru madrasah dan peserta didik, mengadakan pembagian tugas guru sesuai dengan bidangnya dan guru madrasah juga turut ikut ambil dalam pengembangan kurikulum 2013.MTs Negeri Loano Purworejo sendiri dalam pelaksanaan kurikulum 2013 mengalami hambatan dalam pengadaan buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun dalam proses belajar mengajar peserta didik yang kurang mampu menangkap materi yang disampaikan, dan peserta didik yang memahami materi yang di sampaikan oleh guru madrasah sehingga guru madrasah membutuhkan waktu ataupun usaha dalam mengulang materi yang sulit tersebut kepada peserta didik yang kesulitan dalam memahami materikurikulum 2013 maka pelatihan untuk guru madrasah dilaksanakan, dan sosialisasi mengubah pemikiran para guru madrasah untuk mengembangkan kurikulum tersebut.en_US
dc.description.abstractThis research aims to know the curriculum implementation evaluation of 2013 in MTs Country Loano Purworejo, especially at the implementation, achievements and obstacles in the implementation of the curriculum in 2013 MTs Country Loano Purworejo. With the hope of researchers know the broader curriculum of the Madrasah ditelitinya in 2013. This research is qualitative research (Qualitative research) is a proposed research to describe and analyze the phenomenon, event, social activity, attitudes, beliefs, perceptions, thinking people individually and groups. Data obtained from the results of the interviews, observation, and documentation. This research is the research evaluation function to measure the performance of the curriculum to control the implementation of a curriculum that is running. Results of the study Curriculum 2013 MTs Country Loano Purworejo as Affairs school in Purworejo which implement a curriculum for teaching and learning in the 2013 class, if we look deeper into the MTs Country Loano Purworejo advantages to implement curriculum 2013 in making the students believe and cautious. Achievement of school curriculum implementation in 2013 is the headmaster's leadership, especially in a coordinate, harmonious, and move all the available educational resources. Waka's role in organizing the curriculum teaching and learning activities such as arranging load learning teacher of school and learners, performing duty teachers in accordance with their fields and madrasah teacher also took in curriculum development in 2013. MTs Country Loano Purworejo itself in the implementation of curriculum 2013 experience obstacles in procuring the books subject Islamic studies. Now in the process of teaching and learning the learners who are less able to catch the material presented, and learners who understand the material conveyed by the madrasah teachers so that teachers of madrassa takes time or effort in repeating a difficult material to learners who have difficulty in understanding material of curriculum 2013 then training for teachers of school was carried out, and the socialization of the teachers school changed the thinking to develop the curriculumen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEVALUASIen_US
dc.subjectKURIKULUM 2013en_US
dc.subjectPENDIDIKAN AGAMA ISLAMen_US
dc.titlePELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PELAKSANAAN MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI LOANO PURWOREJOen_US
dc.typeThesis SKR 278en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record