PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN GUDEG YU DJUM WIJILAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening pada konsumen Gudeg Yu Djum Wijilan Yogyakarta. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 140. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan alat bantu kuisioner. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) yang dioperasikan dengan Program AMOS 22.0.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa : (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, (2) Persepsi Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, (3) Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, (4) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan (5) Persepsi Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.