PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Abstract
Dasar pemikiran perlunya TQM sangatlah sederhana, yakni bahwa cara
terbaik agar dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global adalah dengan
menghasilkan kualitas yang terbaik. Untuk menghasilkan kualitas terbaik
diperlukan upaya perbaikan yang berkesinambungan terhadap kemampuan
manusia, proses, dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan bukti
empiris pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial
melalui sistem akuntansi manajemen (quality goal, quality feedback, dan quality
incentive) sebagai variabel moderating. Sampel yang digunakan sebanyak 62
responden yang terbagi menjadi 28 responden dari perusahaan manufaktur di D.I.
Yogyakarta dan 34 responden dari perusahaan manufaktur di Jawa Tengah. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, setelah
sebelumnya dilakukan pengujian kualitas instrumen dan pengujian asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa TQM berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, TQM yang dimoderasi oleh
sistem akuntansi manajemen (quality goal, quality feedback dan quality incentive)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PERAN MEDIASI PENTINGNYA KEPERCAYAAN DALAM HUBUNGAN ANTARA KUALITAS WEBSITE, EWOM DAN PERSEPSI MANFAAT PADA SIKAP KONSUMEN TERHADAP ONLINE SHOPPING DI INDONESIA
SETIYAWAN, EKO (MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-02-12)This study aims to examine the mediating effect of Trust in the relationship between Perceived Website Quality, eWOM, and Perceived Benefits on Consumer Attitudes Toward Online Shopping in Indonesia. Respondents in this ... -
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA WAROENG SPESIAL SAMBAL (SS) JALAN GODEAN KM 5,5 YOGYAKARTA
RIANI ADININGSIH, DESI (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, 2018-06-07)This study aims to analyze the improvement of service quality with quality function deployment (qfd) method. The subjects of this study were customers and managers of Waroeng Spesial Sambal (SS) Godean street km 5.5 ... -
PENERAPAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA SEVILLE PASSPORT DI WATON MERCH LEATHER YOGYAKARTA
HERMAWAN, AHMAD (FE UMY, 2018-04-20)The development of today's industry is so rapid, the support of technology that is so sophisticated currently has a huge influence. In addition, consumers are now more concerned with quality than at a cheap price. This ...