PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Abstract
Dasar pemikiran perlunya TQM sangatlah sederhana, yakni bahwa cara
terbaik agar dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global adalah dengan
menghasilkan kualitas yang terbaik. Untuk menghasilkan kualitas terbaik
diperlukan upaya perbaikan yang berkesinambungan terhadap kemampuan
manusia, proses, dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan bukti
empiris pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial
melalui sistem akuntansi manajemen (quality goal, quality feedback, dan quality
incentive) sebagai variabel moderating. Sampel yang digunakan sebanyak 62
responden yang terbagi menjadi 28 responden dari perusahaan manufaktur di D.I.
Yogyakarta dan 34 responden dari perusahaan manufaktur di Jawa Tengah. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, setelah
sebelumnya dilakukan pengujian kualitas instrumen dan pengujian asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa TQM berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, TQM yang dimoderasi oleh
sistem akuntansi manajemen (quality goal, quality feedback dan quality incentive)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PERAN MEDIASI PENTINGNYA KEPERCAYAAN DALAM HUBUNGAN ANTARA KUALITAS WEBSITE, EWOM DAN PERSEPSI MANFAAT PADA SIKAP KONSUMEN TERHADAP ONLINE SHOPPING DI INDONESIA
SETIYAWAN, EKO (MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-02-12)This study aims to examine the mediating effect of Trust in the relationship between Perceived Website Quality, eWOM, and Perceived Benefits on Consumer Attitudes Toward Online Shopping in Indonesia. Respondents in this ... -
PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA UKM BATIK JOGJA T-SHIRT
YAFIE, ALI (FE UMY, 2017-05-05)This study aims to identify the quality of service by using Quality Function Deployment (QFD). The object of this research is UKM Jogja batik T-shirt which located on Jambon street Dsn. Baturan RT. 01 RW. 19 Trihanggo ... -
PENDEKATAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN
NURMAJID, SYAFIRA LUSITA (FE UMY, 2017-04-25)Penelitain ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan yang ada pada Kopma UNY Core. Pada penelitian ini diperoleh 100 kuesioner dengan respon pelanggan yang dapat diolah. Alat analisis yang digunakan ...