HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR VAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEMUHAMMADIYAHAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (2) mendeskripsikan gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (3) mendeskripsikan prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (4) menguji pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (5) menguji pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; dan (6) menguji minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini yaitu SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.Populasi berjumlah 188 siswadan sampel92 siswa. Uji data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji data, uji asumsi, menyusun model regresi berganda, dan uji hipotesis.
Simpulan pada penelitian ini yaitu (1)minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta2,90 [siswa tidak berpendapat], penilaian tertinggi 4,13 [setuju atau menilai baik]dan paling rendah 1,15 [sangat tidak setuju atau jelek]. Standar deviasi penilaian 0,46205;(2) gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta 2,771 [tidak berpendapat atau sedang], nilai tertinggi 4,02 [setuju atau baik] dan nilai terendah 1,59 [sangat tidak setuju atau jelek].Standar deviasinya 0,5056;(3) Prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta82,04 dengan nilai minimum 74,50 dan nilai maksimum 90,50. Standar deviasi 3,70. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat nilai dibawah rerata yang jaraknya jauhdan tingkat variasi nilainya cukup tinggi yaitu sebesar standar deviasi 3,70;(4) Minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartamemiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Tingkat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar positif sebesar koefisien 0,449. Maka upaya meningkatkan prestasi belajar dapat melalui peningkatan minat belajar; (5)pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebesar 0,279; (6) Secara simultanterdapat pengaruh minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartasebesar 18,9%, sedangkan pengaruh faktor lainnya 81,1%.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR (KASUS PADA SISWI KELAS XII MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BUDIYANTO, WAWAN (PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2012-07-19)Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh motivasi belajar, persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah ... -
KORELASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG TEHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X IPS SMAN 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017
NUGROHO, EDI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-19)Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Motivasi merupakan hal yang sering dipandang menjadi faktor dominan. Meski demikian harus diakui bahwa faktor kecerdasan dan bakat merupakan modal ... -
PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI GAYA MENGAJAR DOSEN PADA MATAKULIAH MATEMATIKA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UMY)
SARI, PURNAMA (UMY, 2016-12-01)The purpose of this research is to analyze the influence teaching style of lectures’ toward learning motivation and learning achievement for student (Lecturers’ teaching style in mathematics at management department of ...