EFEKTIVITAS PENERIMAAN PESAN DAKWAH KONVENSIONAL DAN DAKWAH ONLINE JAMAAH TERAS DAKWAH
Abstract
Suatu kegiatan dakwah bisa dikatakan berhasil jika pesan-pesan nya tersampaikan dengan baik sehingga dapat mengubah pola pikir dan kehidupan jamaah. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini berdampak terhadap banyaknya perubahan yang terjadi pada masyarakat, tidak terkecuali pada dakwah. Dakwah yang biasanya memakai cara konvensional yakni hadir dan bertatap muka langsung dengan para da'i, kini berkembang dengan sebutan dakwah online yaitu kita bisa melihat kajian para da'i tanpa hadir langsung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbandingan efektivitas dakwah konvensional dan dakwah online di Teras Dakwah. (2) Mengetahui adakah pengaruh efektivitas pada dakwah konvensional dan dakwah online di Teras Dakwah. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan The Pre-Post Test Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah online lebih efektif dibandingkan dakwah konvensional. Berdasarkan hasil uji independen sampel t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independen sampel t-test dapat disimpulkan bahwa dakwah online lebih efektif dibandingkan dakwah konvensional jamaah Teras Dakwah
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
MODEL KOMUNIKASI PERSUASIF PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHIN DALAM MEMPERTAHANKAN IDEOLOGI ISLAM PADA MASYARAKAT DESA GIRI SEKAR, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA
SUCIATI, SUCIATI; MUKTAF, ZEIN MUFARRIH; QODAR, MUHAMMAD ABDUL (FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Setiap manusia memiliki fitrah berupa kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tabiat yang telah difitrahkan oleh Allah pada diri manusia adalah tabiat mengakui adanya Allah yang Esa. Manusia mempunyai fitrah dan tabiat ... -
PROFIL SUBYEK DAKWAH DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN
ISMAIL, NAWARI (MAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-15)Penelitian ini bertujua untuk (1) mengetahui ada-tidaknya proses sekularisasi dalam materi dakwah, (2) pemanfaatan budaya lokal oleh subyek dakwah sebagai media dakwah, dan (3) Membandingkan kecenderungan prose ... -
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STRATEGI NURUL AZKA DALAM MENGELOLA AKUN @NUNUZOO)
ROBBANI, AZHFAR MUHAMMAD (FAI UMY, 2019-12-23)Dakwah merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim, yang mencerminkan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Zaman yang terus berkembang pesat dengan teknologi yang selaras dengan media komunikasi dakwah untuk seorang ...