dc.contributor.advisor | QAMARI, IKA NURUL | |
dc.contributor.author | MEYLASARI, UPIK SELLY | |
dc.date.accessioned | 2017-05-27T02:17:22Z | |
dc.date.available | 2017-05-27T02:17:22Z | |
dc.date.issued | 2017-04-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10463 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi berbagi pengetahuan dalam implementasi e-learning pada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling, dengan cara menyebarkan kuesioner sebanyak 115 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, bahwa sikap karyawan, motivasi berbagi, komunikasi dan teknologi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap berbagi pengetahuan dengan signifikansi sebesar 0,000 < α 0,005. Kedua, sikap karyawan mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi dari sikap karyawan yaitu – 0,164. Variabel lain mempunyai pengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi dari motivasi berbagi yaitu 0,482, koefisien regresi dari komunikasi yaitu 0,191 dan koefisien regresi dari teknologi yaitu 0,220. Analisis koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,403 atau sama dengan 40,3% yang artinya sikap karyawan, motivasi berbagi, komunikasi dan teknologi mempengaruhi berbagi pengetahuan sebesar 40,3% sedangkan sisanya 59,7% kemungkinan dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to analyze the factors influence knowledge sharing in the implementation of e-learning in Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. The subject in this study is that lectures in Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sampling using non-probability sampling with purposive sampling type, in a way distributing questionnaires of 115 respondents. The analytical method used is multiple linear regression analysis and using validity, reliability test, classic assumption test, F test and t test.
The results of this study indicate, first, that the employee attitude, motivation to share, communication and technology simultaneously significant effect on knowledge sharing with a significance of 0.000 < α 0.005. Second, the employee attitude have a negative impact and no significant regression coefficient evidenced by the value of the employee attitude is - 0.164. Another variable has a positive impact and significant regression coefficient evidenced by the value of the motivation to share is 0,482, regression coefficient value of the communication is 0.191 and regression coefficient of technology is 0.220. Analysis of the coefficient of determination shows the number of 0,403 equal to 40,3%, which means the employee attitude, motivation to share, communication and technology affect knowledge sharing by 40,3%, while the remaining 59,7% likely influenced by other factors not examined in this study. | en_US |
dc.publisher | FE UMY | en_US |
dc.subject | knowledge sharing, employee attitude, motivation to share, communication, technology. berbagi pengetahuan, sikap karyawan, motivasi berbagi, komunikasi, teknologi | en_US |
dc.title | PENGARUH SIKAP KARYAWAN, MOTIVASI BERBAGI, KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI TERHADAP BERBAGI PENGETAHUAN DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING (STUDI EMPIRIS PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
170 | en_US |