AKTIFITAS PROMOSI PERIKLANAN BELOW THE LINE ES LILIN NJONJA BESAR 2016
Abstract
Aktifitas promosi below the line bertujuan untuk menginformasikan Es Lilin Njonja Besar menggunakan media lini bawah seperti pameran, brosur, x-banner, dan freezer branding untuk mempermudah pengunjung mengenali produrk agar tahu, sehingga mau untuk membeli produk tersebut. Pengambilan media promosi seperti pameran, brosur, x-banner dan freezer branding mengingat minimnya budget yang diberikan perusahaan untuk memanfaatkan media semaksimal mungkin. Sehingga pilihan pameran, brosur, x-banner dan freezer branding menjadi media lini bawah (below the line) yang efektif dengan budget yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Aktifitas Promosi Periklanan Below The Line Es Lilin Njonja Besar 2016. Metode penelitian deskripsi kualitatif dimana peneliti menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Bertempat di outlet seluruh Yogyakarta Es Lilin Njonja Besar, periode Agustus 2016 – Desember 2016, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Untuk langkah - langkah yang digunakan dalam teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan aktifitas promosi periklanan below the line yang digunakan masih perlu dievaluasi untuk perbaikan, terdapat aktifitas promosi media lini bawah menggunakan pameran, brosur, x-banner dan freezer branding, freezer branding media yang sangat efektif karena media tersebut murah dan praktis mudah menarik perhatian masyarakat. Pameran sangat membantu dalam mempromosikan Es Lilin Njonja Besar dari pihak Es Lilin Njonja Besar langsung kepada masyarakat. Brosur adalah alat bantu untuk mempromosikan Es Lilin Njonja Besar disaat adanya pameran tetapi keadaannya kurang efektif. X-banner sangat membantu untuk pameran dan outlet tapi rapuh dan mudah rusak.
Kata Kunci : Es Lilin Njonja Besar, Periklanan, Media Lini Bawah (Below Th