View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI SIKAP PROFESIONAL GURU ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN, YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (29.99Kb)
      HALAMAN JUDUL (523.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (596.2Kb)
      ABSTRACT (83.05Kb)
      BAB I (220.4Kb)
      BAB II (292.8Kb)
      BAB III (388.7Kb)
      BAB IV (618.7Kb)
      BAB V (86.99Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (165.4Kb)
      LAMPIRAN (462.1Kb)
      LAMPIRAN (1.309Mb)
      LAMPIRAN (238.7Kb)
      Date
      2017-04-07
      Author
      PURWANINGSIH, DWY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Sikap Profesional Guru ISMUBA, untuk mengetahui strategi guru ISMUBA dalam pengembangan sikap Profesional, untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat sikap profesional guru ISMUBA di SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif expost facto dengan pendekatan Mixed Methods. Adapun subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru ISMUBA, Para Guru, dan Peserta didik yang berjumlah 45 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Sikap Profesional Guru ISMUBA sudah baik, terbukti dengan hampir terpenuhinya kriteria Guru Profesional berdasarkan Undang-Undang No 14 tahun 2005 yaitu pertama, Merencanakan pembelajaran kedua, Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu ketiga, Menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran keempat, Bertindak objektif dan tidak diskriminatif kelima, Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi keenam, Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan ketujuh, Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. (2) Strategi guru dalam pengembangan sikap profesional menunjukkan baik terbukti dengan dukungan sekolah berupa pendidikan dan pelatihan kemudian melalui metode, media, penilaian pembelajaran. (3) Faktor pendukung sikap profesional guru yang paling utama adalah antusiasme peserta didik dan sarana prasarana sedangkan faktor penghambat ialah kurangnya kesadaran meningkatkan kualitas diri.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11470
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV