View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK ANAK DIFABEL (TUNAGRAHITA) DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.96Kb)
      HALAMAN JUDUL (314.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (350.9Kb)
      ABSTRACT (197.9Kb)
      BAB I (227.4Kb)
      BAB II (441.6Kb)
      BAB III (164.8Kb)
      BAB IV (963.4Kb)
      BAB V (208.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (144.2Kb)
      LAMPIRAN (251.5Kb)
      LAMPIRAN (1.773Mb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      ISTIQOMAH, DARUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan menganalisis: 1) pelaksanaan proses pembelajaran pada bidang pendidikan agama islam untuk anak tunagrahita 2) kondisi dan situasi anak tunagrahita dalam menerima pembelajaran PAI 3) Strategi dan media dalam proses pembelajaran PAI di SLB Marsudi Putra I Bantul Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualtatif feel research (lapangan) yaitu, yang dilakukan langsung oleh peneliti untuk mengetahui fakta – fakta yang sebenarnya. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi.Selanjutnya data dianalisis menggunakan triangulasi data yaitu menggabungkan data dari beberapa observasi, wawancara, dan sumber data dari informan, proses belajar mengajar, dan dokumentasi. Kemudian ditarik kesimpulan dari analisis data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kondisi anak tunagrahita di SLB Marsudi Putra masih tergolong tunagrahita ringan yaitu tunagrahita yang masih mampu didik yang bisa diajari menghitung, membaca, menulis secara sederhana, dan tunagrahita berat yaitu tunagrahita yang mampu latih hanya bisa dilatih untuk melakukan kegiatan sehari-hari saja 2) proses pembelajaran di kelas VII C guru tidak hanya mengajar saja tetapi juga membimbing dan guru melakukan pembelajaran secara berulag – ulang 4-5 kali pertemuan karena anak tunagrahita yang mempunyai kecerdasan dibawah rata-rata 3) strategi guru PAI dalam proses pembelajaran saat berlangsung di kelas disesuaikan dengan keaadan anak dan kemampuannya, mencontohkan langsung tentang materi yang diajarkan, demonstrasi, dan sesuai dengan kurikulum 2013 serta menggunakan media yang papan tulis dan desain grafis atau gambar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11527
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV