View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      DI SEKOLAH DASAR ISLAM INTENSIF WALADUN SHOLIHUN PLAYEN GUNUNGKIDUL

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (15.73Kb)
      BAB I (32.19Kb)
      BAB II (120.5Kb)
      BAB III (26.37Kb)
      BAB IV (276.2Kb)
      BAB V (23.73Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (301.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (88.26Kb)
      LAMPIRAN (142.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (164.9Kb)
      Date
      2015
      Author
      NARSIYATI, NARSIYATI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian yang berjudul Pelaksanaan Pendidikan Karakter Islami di Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen Gunungkidul berlatar belakang pada pelaksanaan pendidikan yang harus mencaku pranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji tentang makna pendidikan karakter Islami bagi guru Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen; (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter Islami di Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen; (3) Mengetahui hambatan dan strategi Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek seluruh siswa Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen yang berjumlah 103 siswa. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) Pendidikan karakter Islami adalah sebuah pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan karakter Islami pada diri anak yang berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits serta menjadikan Rasulullah Saw sebagai teladan kehidupan; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter Islami di Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, sekolah sudah mampu melaksanakan tiga tahapan pelaksanaan pendidikan karakter yaitu moral knowing, moral feeling dan moral acion; (3) Hambatan dan strategi dialami oleh kepala sekolah, guru dan wali murid. Strategi yang direncanakan sudah sesuai dengan hambatan yang ada, sehingga dapat memberikan solusi untuk perbaikan pelaksanaan pendidikan karakter Islami selanjutnya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18157
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV