STRATEGI PROMOSI PT. THE UNIVENUS YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TAHUN 2015
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi penjualan yang dilakukan oleh PT The
Univenus untuk meningkatkan penjualan di tahun 2015. PT. The Univenus adalah salah
satu perusahaan yang berkecimpung di bidang converting pulp paper yang memproduksi
dan mengemas serat kayu menjadi tissue yang mempunyai jenis serta fungsinya masingmasing.
Sebagai salah satu usaha di bidang tissue tentu saja PT. The Univenus
mempunyai cara untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat dengan maksud
agar bisa diterima serta masyarakat pengguna menjadi konsumen yang loyal terhadap
produk-produk PT. The Univenus. Hal ini tentu saja membuat PT. The Univenus
merancang program promosi yang bisa memperkenalkan produknya agar mengena di
masyarakat kemudian konsumen tertarik untuk mencoba serta membelinya. Promosi yang
dilakukan oleh PT. The Univenus yaitu dengan memanfaatkan momentum-momentum
hari besar seperti hari raya, hari ulang tahun outlet/rekanan bisnis, atau momentum
nasional lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penjualan PT.
The Univenus dalam meningkatkan penjualan di tahun 2015. Kerangka teori yang
digunakan yaitu strategi promosi, promosi, strategi momentum. Jenis penelitin yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, sehingga dalam penelitian ini akan
menjelaskan, menggambarkan, dan menguraikan segala sesuatu yang berkaitan dengan
masalah yang diteliti. Lokasi penelitian ini adalah di Kampung Kemasan, Singosaren,
Banguntapan, bantul, Yogyakarta. Teknik pengunpulan data adalah dengan wawancara
dan studi pustaka. Teknik analisa data dan penyajian data yaitu dengan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kegiatan promosi dan strategi
promosi yang dilakukan oleh PT. The Univenus sudah melalui tahapan yang baik
walaupun harus ada perbaikan, dan program kontinyu yang harus terus dilakukan guna
meningkatkan penjualan. PT. The Univenus melakukan langkah-langkah dengan proses
perencanaan, implementasi serta evaluasi. Sedangkan untuk strateginya PT. The
Univenus menggunakan strategi momentum. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa
hasil penelitian ini sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian.