View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      REPRESENTASI AFRO-AMERIKA (ANALISIS SEMIOTIK DALAM FILM HANCOCK)

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (398.2Kb)
      BAB I (481.9Kb)
      BAB II (386.4Kb)
      BAB III (921.4Kb)
      BAB IV (192.5Kb)
      COVER (129.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (159.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (306.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (207.6Kb)
      Date
      2015-12-29
      Author
      HERTANDHO, FANNY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Beberapa kasus penembakan warga kulit hitam yang tidak bersenjata oleh Polisi di Amerika Serikat sepanjang tahun 2014-2015 menunjukkan bahwa ketidaksetaraan rasial masih menjadi suatu masalah yang cukup mengkhawatirkan. Setelah sekitar 80 tahun semenjak perubahan progresif dalam hal kesetaraan ras di Amerika Serikat, ternyata masih banyak narasi non-formal yang menggambarkan warga kulit hitam di sana masih distereotype sebagai warga kelas dua. Ketidaksetaraan ini masih banyak tergambar bahkan dalam film-film Hollywood keluaran tahun 2000-an. Salah satu contoh yang dijumpai adalah film Hancock yang di-release tahun 2008, disutradarai oleh Peter Berg. Film ini bercerita tentang seorang superhero yang berkulit hitam, namun tokoh berkulit putih masih hadir mendominasi, dan sang tokoh utama digambarkan mengikuti stereotype klasik kulit hitam. Skripsi ini bertujuan untuk mengupas representasi kepahlawanan Afro-Amerika dalam film tersebut. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini dibahas dalam kerangka: (1) Komunikasi dalam pertukaran makna, (2) representasi, dan (3) Afro-Amerika. Metode yang digunakan adalah analisis-semiotika kualitiatif. Simbol-simbol verbal dan non-verbal yang dijumpai pada film ini dimasukkan ke dalam konteks yang ada di zaman sekarang. Hasil analisis menunjukkan bahwa superhero yang menjadi tokoh utama dalam film ini digambarkan sebagai kulit hitam dengan tendensi tindak kriminal. Selayaknya superhero lain, Hancock mempunyai kekuatan, namun dalam sebagian besar durasi film digambarkan sebagai tokoh dengan karakter klasik kulit hitam: pemalas, pengangguran, pemabuk, dan lemah intelejensinya. Karakter yang direpresentasikan pada film ini sedikit banyak mewakili pandangan umum warga kulit putih Amerika terhadap warga kulit hitam. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini adalah, Hancock walaupun berperan sebagai pemeran utama sekaligus sebagai pahlawan super, masih digambarkan layaknya narasi klasik Afro-Amerika. Representasi terhadap Hancock antara lain, Afro-Amerika sebagai pecandu alkohol, Afro-Amerika yang berfisik kuat tetapi lemah intelejensi, representasi Afro-Amerika sebagai pelaku kriminal, Afro-Amerika pemalas, dan AfroAmerika sebagai masyarakat kalangan menengah ke bawah atau miskin.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18320
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV