Show simple item record

dc.contributor.authorWARSANA
dc.date.accessioned2018-09-03T06:14:05Z
dc.date.available2018-09-03T06:14:05Z
dc.date.issued2018-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21043
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan Praktik Manajemen Berbasis Sekolah dan mengevaluasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal di SDN Jetis UPT PAUD dan SD Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, penelitian menggunakan metode deskriptif, sumber data adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara , observasi, dokumentasi, analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian, dan menarik kesimpulan. Permasalahan yang dibahas terdiri dari penerapan atau praktik manajemen berbasis sekolah, pemenuhan standar pelayanan minimal, faktor penghambat dan pendukung dalam mempraktikkan manajemen berbasis sekolah, serta dampak terhadap efektifitas operasional sekolah terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal. Hasil dari penelitian, praktik manajemen berbasis sekolah dapat berjalan sesuai program dengan indikator warga sekolah timbul kesadaran untuk terlibat sesuai kedudukannya masing masing; baik guru, orangtua/wali siswa, komite,kepala sekolah, stake holder bekerjasama meningkatkan mutu layanan pendidikan baik dalam pelayanan sarana prasarana maupun kegiatan operasional dalam rangka melaksanakan program dan mencapai tujuan sekolah. Penerapan manajemen berbasis sekolah yang memberi kesempatan banyak pihak untuk berpartisipasi mendorong terpenuhinya standar atau ukuran layanan pendidikan yang tertuang dalam standar pelayanan minimal. Perilaku tidak disiplin sebagian personal warga sekolah menjadi penghambat yang menyebabkan hasil kurang optimal, yang harus diupayakan untuk diatasi agar tujuan dapat tercapai.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan Praktik Manajemen Berbasis Sekolah dan mengevaluasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal di SDN Jetis UPT PAUD dan SD Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, penelitian menggunakan metode deskriptif, sumber data adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara , observasi, dokumentasi, analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian, dan menarik kesimpulan. Permasalahan yang dibahas terdiri dari penerapan atau praktik manajemen berbasis sekolah, pemenuhan standar pelayanan minimal, faktor penghambat dan pendukung dalam mempraktikkan manajemen berbasis sekolah, serta dampak terhadap efektifitas operasional sekolah terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal. Hasil dari penelitian, praktik manajemen berbasis sekolah dapat berjalan sesuai program dengan indikator warga sekolah timbul kesadaran untuk terlibat sesuai kedudukannya masing masing; baik guru, orangtua/wali siswa, komite,kepala sekolah, stake holder bekerjasama meningkatkan mutu layanan pendidikan baik dalam pelayanan sarana prasarana maupun kegiatan operasional dalam rangka melaksanakan program dan mencapai tujuan sekolah. Penerapan manajemen berbasis sekolah yang memberi kesempatan banyak pihak untuk berpartisipasi mendorong terpenuhinya standar atau ukuran layanan pendidikan yang tertuang dalam standar pelayanan minimal. Perilaku tidak disiplin sebagian personal warga sekolah menjadi penghambat yang menyebabkan hasil kurang optimal, yang harus diupayakan untuk diatasi agar tujuan dapat tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMM UMYen_US
dc.subjectPROFESIONALen_US
dc.subjectPROPORSIONALen_US
dc.subjectMOTIVASIen_US
dc.subjectKOMITMENen_US
dc.titlePRAKTIK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI JETIS UPT PAUD DAN SD KECAMATAN SEMANUen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record