Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorNUHA, ULIN
dc.date.accessioned2018-10-10T06:26:34Z
dc.date.available2018-10-10T06:26:34Z
dc.date.issued2017-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22037
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji sejarah munculnya program kerohanian, (2) mengetahui persiapan atau input pelaksanaan bimbingan rohani Islam, (3) mengevaluasi proses pelaksanaan program bimbingan rohani, (4) mengetahui keberhasilan program layanan kerohanian Islam, (5) menganalisis kelebihan dan kekurangan bimbingan kerohanian Islam di RS. PKU Muhammadiyah Gamping, serta ingin membuktikan secara empiris apakah program tersebut sudah baik atau belum. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif, dengan subjek secara random dengan mengambil sampel terhadap pasien, pembimbing rohani, dan perawat. Data dikumpulkan dengan wawancara sebagai metode utama, observasi dan kuisioner model skala likert sebagai metode pendukung. Data yang sudah diperoleh dianalisis secara deskriptif, dan persentase. Hasilnya menunjukkan bahwa dari segi sejarah program menunjukkan kurang, sedangkan dari segi persiapan, proses, dan hasil semuanya menunjukkan baik. hasil penelitian menunjukkan: (1) Sejarah bimbingan kerohanian Islam menunjukkan (kurang baik), ini dapat dilihat dari munculnya program tersebut tidak diawali dengan Survey dan hasil Survey dirapatkan terlebih dahulu. (2) Perencanaan bimbingan kerohanian Islam dimulai dengan menyusun rencana dan strategi untuk mencapai kebutuhan dan tujuan, kemudian menentukan sumberdaya. Dari hal tersebut dapat di katakan dari segi perencanaan program layanan bimbingan kerohanian Islam sudah baik. (3) Pelaksanaan program layanan bimbingan kerohanian Islam dapat dikatakan baik, ini dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yang teratur. (4) Hasil bimbingan kerohanian Islam dapat dikatakan baik, ini dapat dilihat Berdasarkan kelima grafik diatas dapat disimpulkan bahwa dari segi kepuasan pasien dilihat dari gafik 1 kehandalan memiliki nilai sangat baik, grafik 2 daya tanggap bagus, grafik 3 jaminan sangat bagus, grafik 4 perhatian sangat bagus, dan grafik 5 keberwujudan memilki nilai sangat bagus. Berdasarkan hasil diatas dari segi kepuasan pasien di RS. PKU Muhammadiyah Gamping memiliki kepuasan tinggi. (5) Hasil analisis program layanan bimbingan kerohanian Islam di RS. PKU Muhammadiyah Gamping memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing sektor, baik dalam pembimbing maupun dalam sistemnya yang mengambil dari sistem PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Ini dapat diketahui dari proses bimbingan yang dilakukan terhadap pasien. Oleh karena itu perlu kiranya untuk menjadi perhatian dan sebagai bahan perbaikan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji sejarah munculnya program kerohanian, (2) mengetahui persiapan atau input pelaksanaan bimbingan rohani Islam, (3) mengevaluasi proses pelaksanaan program bimbingan rohani, (4) mengetahui keberhasilan program layanan kerohanian Islam, (5) menganalisis kelebihan dan kekurangan bimbingan kerohanian Islam di RS. PKU Muhammadiyah Gamping, serta ingin membuktikan secara empiris apakah program tersebut sudah baik atau belum. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif, dengan subjek secara random dengan mengambil sampel terhadap pasien, pembimbing rohani, dan perawat. Data dikumpulkan dengan wawancara sebagai metode utama, observasi dan kuisioner model skala likert sebagai metode pendukung. Data yang sudah diperoleh dianalisis secara deskriptif, dan persentase. Hasilnya menunjukkan bahwa dari segi sejarah program menunjukkan kurang, sedangkan dari segi persiapan, proses, dan hasil semuanya menunjukkan baik. hasil penelitian menunjukkan: (1) Sejarah bimbingan kerohanian Islam menunjukkan (kurang baik), ini dapat dilihat dari munculnya program tersebut tidak diawali dengan Survey dan hasil Survey dirapatkan terlebih dahulu. (2) Perencanaan bimbingan kerohanian Islam dimulai dengan menyusun rencana dan strategi untuk mencapai kebutuhan dan tujuan, kemudian menentukan sumberdaya. Dari hal tersebut dapat di katakan dari segi perencanaan program layanan bimbingan kerohanian Islam sudah baik. (3) Pelaksanaan program layanan bimbingan kerohanian Islam dapat dikatakan baik, ini dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yang teratur. (4) Hasil bimbingan kerohanian Islam dapat dikatakan baik, ini dapat dilihat Berdasarkan kelima grafik diatas dapat disimpulkan bahwa dari segi kepuasan pasien dilihat dari gafik 1 kehandalan memiliki nilai sangat baik, grafik 2 daya tanggap bagus, grafik 3 jaminan sangat bagus, grafik 4 perhatian sangat bagus, dan grafik 5 keberwujudan memilki nilai sangat bagus. Berdasarkan hasil diatas dari segi kepuasan pasien di RS. PKU Muhammadiyah Gamping memiliki kepuasan tinggi. (5) Hasil analisis program layanan bimbingan kerohanian Islam di RS. PKU Muhammadiyah Gamping memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing sektor, baik dalam pembimbing maupun dalam sistemnya yang mengambil dari sistem PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Ini dapat diketahui dari proses bimbingan yang dilakukan terhadap pasien. Oleh karena itu perlu kiranya untuk menjadi perhatian dan sebagai bahan perbaikan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectevaluasi program, layanan kerohanianen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM LAYANAN KEROHANIAN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record