FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY MODEL (TAM)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengeruh
kegunaan, kemudahan, keamanan dan kepercayaan terhadap minat nasabah menggunakan
internet banking. Objek dalam penelitian ini yaitu nasabah bank BNI Syariah Kantor Cabang
Surakarta. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling
dengan jumlah sebanyak 100 responden. Responden yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan responden yang mempunyai kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti, yaitu
nasabah yang mengadopsi internet banking. Pengumpulan data menggunakan metode survey
menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil analisis Partial Least Square (PLS) diperoleh hasil
bahwa variabel kegunaan, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat menggunakan internet banking, sedangkan variabel keamanan berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap minat menggunakan internet banking.