View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 16 – 18 TAHUN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (342.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (899.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (218.1Kb)
      ABSTRAK (93.10Kb)
      BAB I (236.1Kb)
      BAB II (220.1Kb)
      BAB III (283.2Kb)
      BAB IV (115.4Kb)
      BAB V (91.83Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (98.87Kb)
      LAMPIRAN (157.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (430.0Kb)
      Date
      2019-05-07
      Author
      TRISNA W, ERVIANI YANURA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Remaja umur 16-18 tahun memiliki kebutuhan nutrisi yang spesial karena berada pada masa remaja akhir, asupan zat gizi yang seimbang dan sesuai kebutuhan remaja dan akan membantu remaja mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Makanan merupakan salah satu kebutuhan yang pokok bagi setiap manusia. Makanan mengandung zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Mengkonsumsi makanan yang cukup dan teratur akan membuat tubuh sehat dan prestasi yang gemilang, tubuh bugar dan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini berisi tentang asupan zat gizi makro seperti Karbohidrat, Protein dan Lemak oleh remaja yang mempengaruhi prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner recall gizi foodrecall selama 3 hari. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 71 siswa SMAN 3 Magelang. Hasil penelitian ini, 63,32% siswa mempunyai asupan protein sedang dengan prestasi baik, 36,62% siswa mempunyai asupan lemak sedang dengan prestasi belajar baik dan 64,79% siswa mempunyai asupan karbohidrat baik dengan prestasi belajar baik. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product momen, korelasi antara asupan protein dan prestasi belajar diperoleh nilai 0,752, maka dapat diketahui ada hubungan asupan protein dengan prestasi belajar, korelasi antara asupan lemak dengan prestasi belajar menghasilkan angka -0,118, maka dapat diketahui tidak ada hubungan asupan lemak dengan prestasi belajar dan korelasi antara asupan karbohidrat dan prestasi belajar diperoleh nilai 0,433, maka dapat diketahui tidak ada hubungan asupan karbohidrat dengan prestasi belajar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27519
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV