ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN E - BANKING DENGAN MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DI BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang
mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan e-banking dengan model
technology acceptance model (TAM) di Bank Muamalat KC Yogyakarta. Jumlah
sampel yang diambil berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh
100 responden yang merupakan nasabah pengguna e-banking. Dalam pengambilan
sampel dengan teknik non propabiity sampling, tepatnya dengan pusposive sampling
menggunakan kriteria yang telah ditentukan yaitu nasabah pengguna e-banking di
Bank Muamalat Kc Yogyakarta dan minimal sudah menggunakan e-banking
sebanyak satu kali.Pengujian yang dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas
dengan teknik analisis yaitu Regresi Linier Berganda dengan menggunakan alat bantu
yaitu SPSS versi 16.0.Berdasarkan pengujian dan hasil pembahasan pada penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan, Kemanfaatan
dan risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dibuktikan dengan
nilai sinifikan yaitu 0,657>0,05, pada variabel Kemanfaatan yaitu 0,395>0,05 dan
variabel risiko 0,001<0,05. sedangkan, pada variabel kesadaran berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah dapat dilihat dengan tingkat signifikasi yaitu
0,000<0,05 .