PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK (E-SERVICE QUALITY) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ELEKTRONIK (E-SATISFACTION) MELALUI KEPERCAYAAN ELEKTRONIK (E-TRUST) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Lazada Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-service quality terhadapesatisfaction dengan e-trust sebagai variabel mediasi pada pengguna Lazada Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumalah 126 responden yang berusia 18 tahun keatas dan pernah melakukan transaksi sebanyak 2x di Lazada Indonesia. Data dikumpulkan melalui metode survey dengan menggunakan kuesioner secara online. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan model persamaan struktural dengan bantuan software Amos 22. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa e-service quality secara langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap e-satisfaction, namun secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction melalui e-trust sebagai mediasi.