PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME PADA SISWI KELAS 1 SMP IT BINA UMAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa arab pada kelas satu berdasarkan teori behaviorisme di SMP IT Bina Umat Yogyakarta. Dan penelitian ini juga melihat motivasi siswa dalam pembelajaran, dimana perilaku sebagai tolak ukur yang terpenting dalam menganalisis motivasi tersebut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis deskreptif, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian sebanyak 75 siswa. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan tiga langkah yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa arab di SMP IT Bina Umat pada kelas satu berdasarkan teori behaviorisme yaitu, guru melakukan gaya belajar dengan searah, selalu dilakukan pengulangan terhadap materi yang telah dijelaskan, dan selalu memberikan latihan soal sebagai fokus utamanya. Peneliti juga menemui bahwa guru menerapkan sistem pendidikan yang islami, dengan memberikan motivasi kepada siswa tanpa memberikan hukuman, dan memberikan perhatian penuh kepada siswa terhadap kebutuhanya sepanjang pembelajaran. Motivasi tersebut dapat diukur dalam persentasenya sebanyak 51% dengan jumlah siswa 38, hal ini termasuk dalam kategori sedang.