EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU “AL-ARABIYAH BAINA YADAIK” SEBAGAI SUMBER BAHAN AJAR DI SEMESTER SATU KELAS A MATA KULIAH ISTIMA’ WAL KALAM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2019-2020
Abstract
Efektifitas pengunaan buku “Al-Arabiyah Baina Yadaik” jilid 1 sebagai sumber bahan ajar di mahasiswa semester 1 kelas A dalam mata kuliah istima’ wal kalam prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2019-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas pengunaan buku “Al-Arabiyah Baina Yadaik” jilid 1 sebagai sumber bahan ajar di mahasiswa semester 1 kelas A prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2019-2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan mengambil latar belakang mahasiswa semester 1 kelas A prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket,wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data dari mahsiswa semester 1 kelas A, dosen mata kuliah yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan Efektifitas pengunaan buku ”Al-Arabiyah Baina Yadaik” jilid 1 sebagai sumber bahan ajar di mahasiswa semester 1 kelas A dalam mata kuliah istima’ wal kalam prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2019-2020 dan tingkat keberhasilan buku “Al-Arabiyah Baina Yadaik” sebagai sumber bahan ajar. Peneliti menggunakan 22 sampel mahasiswa di semester 1 kelas A prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2019-2020. nilai t hitung > t tabel dengan nilai t hitung sebesar 5.597 dan t tabel sebesar 1,72472. Jadi, karena perhitungan Nilai t hitung > t tabel maka kita dapat dsimpulkan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa buku ”Al-Arabiyah Baina Yadaik” efektif sebagai sumber bahan ajar