Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO,WAHYU
dc.contributor.advisorRAHMAWATI,ANITA
dc.contributor.authorHARYANTA, DWI
dc.date.accessioned2016-10-08T01:46:44Z
dc.date.available2016-10-08T01:46:44Z
dc.date.issued2016-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4595
dc.descriptionParkir merupakan tempat pemberhentian kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta merupakan suatu pusat kegiatan dengan bangkitan parkir yang tinggi. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan yang baik agar tidak menimbulkan masalah seperti: antrian, tindakan, kemacetan, dan gangguan terhadap pengguna jalan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akumulasi parkir, konfigurasi parkir, kapasitas ruang parkir, indeks parkir, volume parkir, turnover, kebutuhan ruang parkir, dan headway parkir. Penelitian ini dilakukan selama 2 hari pengamatan yaitu pada hari Rabu, 23 Desember 2015 dan Kamis, 24 Desember 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. dalam penelitian tersebut dilakukan analisis akumulasi parkir, volume parkir, kapasitas ruang parkir, konfigurasi, turnover, indeks parkir, kebutuhan ruang parkir, dan headway. Survei penelitian dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Rabu dan Kamis pada jam 06:00-18:00 WIB. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa akumulasi maksimum parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta pada hari Rabu yaitu sebesar 1.021 kendaraan pada jam 09:45-10:00 WIB sedangkan akumulasi maksimum pada hari Kamis yaitu sebesar 1.001 kendaraan pada jam 10:30-10:45 WIB. Konfigurasi parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta menggunakan pola parkir paralel dan menyudut 900. Kapasitas ruang parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA adalah 1.608 m2 atau dapat menampung 1.072 kendaraan. Indeks parkir sepeda motor pada hari Rabu adalah 95,24% dan hari Kamis adalah 93,4%. Volume parkir maksimum sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta terjadi pada hari Rabu sebesar 1.049 kendaraan sedangkan pada hari Kamis 1.021 kendaraan. Tingkat turnover sepeda motor pada hari Rabu sebesar 1 kendaraan/hari/ruang dan hari Kamis sebesar 1 kendaraan/hari/ruang. Kebutuhan ruang parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta pada hari Rabu sebesar 1.531,5 m2 dengan KRP efektif sebanyak 1.021 petak. Nilai headway maksimum pada hari Rabu yaitu 15 menit/kendaraan sedangkan headway pada hari Kamis yaitu 15 menit/kemdaraan.en_US
dc.description.abstractParkir merupakan tempat pemberhentian kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta merupakan suatu pusat kegiatan dengan bangkitan parkir yang tinggi. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan yang baik agar tidak menimbulkan masalah seperti: antrian, tindakan, kemacetan, dan gangguan terhadap pengguna jalan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akumulasi parkir, konfigurasi parkir, kapasitas ruang parkir, indeks parkir, volume parkir, turnover, kebutuhan ruang parkir, dan headway parkir. Penelitian ini dilakukan selama 2 hari pengamatan yaitu pada hari Rabu, 23 Desember 2015 dan Kamis, 24 Desember 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. dalam penelitian tersebut dilakukan analisis akumulasi parkir, volume parkir, kapasitas ruang parkir, konfigurasi, turnover, indeks parkir, kebutuhan ruang parkir, dan headway. Survei penelitian dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Rabu dan Kamis pada jam 06:00-18:00 WIB. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa akumulasi maksimum parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta pada hari Rabu yaitu sebesar 1.021 kendaraan pada jam 09:45-10:00 WIB sedangkan akumulasi maksimum pada hari Kamis yaitu sebesar 1.001 kendaraan pada jam 10:30-10:45 WIB. Konfigurasi parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta menggunakan pola parkir paralel dan menyudut 900. Kapasitas ruang parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA adalah 1.608 m2 atau dapat menampung 1.072 kendaraan. Indeks parkir sepeda motor pada hari Rabu adalah 95,24% dan hari Kamis adalah 93,4%. Volume parkir maksimum sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta terjadi pada hari Rabu sebesar 1.049 kendaraan sedangkan pada hari Kamis 1.021 kendaraan. Tingkat turnover sepeda motor pada hari Rabu sebesar 1 kendaraan/hari/ruang dan hari Kamis sebesar 1 kendaraan/hari/ruang. Kebutuhan ruang parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta pada hari Rabu sebesar 1.531,5 m2 dengan KRP efektif sebanyak 1.021 petak. Nilai headway maksimum pada hari Rabu yaitu 15 menit/kendaraan sedangkan headway pada hari Kamis yaitu 15 menit/kemdaraan.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectParkir UNISA Yogyakarta,en_US
dc.titleANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR SEPEDA MOTOR ( Studi Kasus Areal Parkir Sepeda Motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta )en_US
dc.typeThesis SKR FT 242en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record