Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorAZIZAH, HIDHA FILDATUN
dc.date.accessioned2016-10-22T02:24:35Z
dc.date.available2016-10-22T02:24:35Z
dc.date.issued2016-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5289
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut Abdullah Nasih Ulwan. Kedua, untuk mendekripsikan perkembangan psikologi remaja dan ketiga, untuk mengetahui relevansi metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan untuk remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber primer penelitian adalah Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Teknik analisis menggunakan kajian isi dengan tahapan: 1) mengumpulkan data yang sesuai dengan kerangka berfikir peneliti. 2) Menyeleksi data. 3) Menyusun data sesuai alur pikir peneliti. 4) Mengintrepetasikan data sesuai konteks yang berkembang. Hasil penelitian: 1) Lima metode mendidik anak menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yaitu metode dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, perhatian dan pengawasan serta hukuman. 2) Perkembangan psikologi remaja terjadi dalam aspek fisik ditandai adanya ketertarikan dengan lawan jenis, aspek kognitif dengan berfikir idealis dan mudah mengkritik, aspek emosi ditandai kurang bisa mengatur emosi, aspek moral ditandai rasa ingin dihargai dan diakui, aspek sosial ditandai mulai bergabung dengan komunitas yang sama serta aspek religiusitas ditandai rasa kagum terhadap seseorang yang taat beragama 3) Diantara lima metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yang relevan untuk remaja adalah metode keteladanan, kebiasaan dan nasihaten_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut Abdullah Nasih Ulwan. Kedua, untuk mendekripsikan perkembangan psikologi remaja dan ketiga, untuk mengetahui relevansi metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan untuk remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber primer penelitian adalah Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Teknik analisis menggunakan kajian isi dengan tahapan: 1) mengumpulkan data yang sesuai dengan kerangka berfikir peneliti. 2) Menyeleksi data. 3) Menyusun data sesuai alur pikir peneliti. 4) Mengintrepetasikan data sesuai konteks yang berkembang. Hasil penelitian: 1) Lima metode mendidik anak menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yaitu metode dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, perhatian dan pengawasan serta hukuman. 2) Perkembangan psikologi remaja terjadi dalam aspek fisik ditandai adanya ketertarikan dengan lawan jenis, aspek kognitif dengan berfikir idealis dan mudah mengkritik, aspek emosi ditandai kurang bisa mengatur emosi, aspek moral ditandai rasa ingin dihargai dan diakui, aspek sosial ditandai mulai bergabung dengan komunitas yang sama serta aspek religiusitas ditandai rasa kagum terhadap seseorang yang taat beragama 3) Diantara lima metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yang relevan untuk remaja adalah metode keteladanan, kebiasaan dan nasihaten_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectMetode; Pendidikan; Remaja; Psikologien_US
dc.titleRELEVANSI METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ‘ABDULLAH NASHIH ULWAN UNTUK REMAJAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 233en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record