RELEVANSI METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ‘ABDULLAH NASHIH ULWAN UNTUK REMAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan Islam
menurut Abdullah Nasih Ulwan. Kedua, untuk mendekripsikan perkembangan
psikologi remaja dan ketiga, untuk mengetahui relevansi metode pendidikan Islam
menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan untuk remaja.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Sumber primer penelitian adalah Tarbiyatul Aulad Fil
Islam. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Teknik analisis menggunakan
kajian isi dengan tahapan: 1) mengumpulkan data yang sesuai dengan kerangka
berfikir peneliti. 2) Menyeleksi data. 3) Menyusun data sesuai alur pikir peneliti.
4) Mengintrepetasikan data sesuai konteks yang berkembang.
Hasil penelitian: 1) Lima metode mendidik anak menurut ‘Abdullah
Nashih Ulwan yaitu metode dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat,
perhatian dan pengawasan serta hukuman. 2) Perkembangan psikologi remaja
terjadi dalam aspek fisik ditandai adanya ketertarikan dengan lawan jenis, aspek
kognitif dengan berfikir idealis dan mudah mengkritik, aspek emosi ditandai
kurang bisa mengatur emosi, aspek moral ditandai rasa ingin dihargai dan diakui,
aspek sosial ditandai mulai bergabung dengan komunitas yang sama serta aspek
religiusitas ditandai rasa kagum terhadap seseorang yang taat beragama 3)
Diantara lima metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yang
relevan untuk remaja adalah metode keteladanan, kebiasaan dan nasihat