View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      RELEVANSI METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ‘ABDULLAH NASHIH ULWAN UNTUK REMAJA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (93.78Kb)
      HALAMAN JUDUL (383.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (65.41Kb)
      ABSTRACT (68.80Kb)
      BAB I (136.0Kb)
      BAB II (182.8Kb)
      BAB III (100.1Kb)
      BAB IV (210.8Kb)
      BAB V (94.21Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (95.63Kb)
      LAMPIRAN (59.36Kb)
      Date
      2016-08-30
      Author
      AZIZAH, HIDHA FILDATUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut Abdullah Nasih Ulwan. Kedua, untuk mendekripsikan perkembangan psikologi remaja dan ketiga, untuk mengetahui relevansi metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan untuk remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber primer penelitian adalah Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Teknik analisis menggunakan kajian isi dengan tahapan: 1) mengumpulkan data yang sesuai dengan kerangka berfikir peneliti. 2) Menyeleksi data. 3) Menyusun data sesuai alur pikir peneliti. 4) Mengintrepetasikan data sesuai konteks yang berkembang. Hasil penelitian: 1) Lima metode mendidik anak menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yaitu metode dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, perhatian dan pengawasan serta hukuman. 2) Perkembangan psikologi remaja terjadi dalam aspek fisik ditandai adanya ketertarikan dengan lawan jenis, aspek kognitif dengan berfikir idealis dan mudah mengkritik, aspek emosi ditandai kurang bisa mengatur emosi, aspek moral ditandai rasa ingin dihargai dan diakui, aspek sosial ditandai mulai bergabung dengan komunitas yang sama serta aspek religiusitas ditandai rasa kagum terhadap seseorang yang taat beragama 3) Diantara lima metode pendidikan Islam menurut ‘Abdullah Nashih Ulwan yang relevan untuk remaja adalah metode keteladanan, kebiasaan dan nasihat
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5289
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV