PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ASING (ARAB) PADA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) dalam mata pelajaran bahasa asing (arab) pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Dala observasi penulis menggunakan dua lembar observasi (lembar keaktifan belajar siswa dan lembar penerapan pendekatan CTL) sehingga didapatkan hasil penignkataan sebanyak 60% dimana pada sisklus 1 pertemuan 1 keaktifan siswa mencapai 10 siswa dari 30 kehadiran siswa (33%), keaktifan belajar siswa tersebut meliputi memperhatiakn penjelasan guru, menanggapi penjelasan guru dan keaktifan dalam bekerjasama