Browsing by Author "MEISA, WISTRI"
Now showing items 1-20 of 35
-
ANALISIS BELIEF TERHADAP METODE COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MATA KULIAH TSUSHIN
REZFIKA, VIKY (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)Metode Collaborative Learning (CL) telah diterapkan dalam mata kuliah tsushin mahasiswa semester VII Tahun Ajaran 2016/2017. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana belief mahasiswa program studi pendidikan ... -
ANALISIS JODOUSHI ~SOUDA DAN ~YOUDA DALAM BAHASA JEPANG DITINJAU DARI SEGI SEMANTIK DAN SINTAKSIS
HARIYADI, AHMAD (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-15)Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa di dunia yang memiliki keanekaragaman dalam hal tata bahasanya. Salah satu ragam bahasa tersebut adalah kelas kata. Terdapat sepuluh macam kelas kata salah satunya jodoushi. Salah ... -
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO PADA PEMBELAJAR BAHASA JEPANG STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TINGKAT III TAHUN AJARAN 2013/2014
PUTRI, TENTI JUITA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016)Gairaigo merupakan kosakata yang istimewa, meskipun berasal dari bahasa Inggris tetapi dalam pemakaiannya harus sesuai dengan aturan-aturan yang ada di dalam bahasa Jepang termasuk tatacara pengucapan dan penulisannya. ... -
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN HURUF HIRAGANA PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
FITRIYANI, DEVI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-15)Pada bahasa Jepang, huruf merupakan salah satu kendala dalam mempelajari bahasa Jepang. Bahasa Jepang memiliki tiga jenis huruf, yaitu, hiragana, katakana, dan kanji. Sedangkan bahasa Indonesia hanya menggunakan huruf ... -
ANALISIS PENGGUNAAN UNGKAPAN MENGINGATKAN OLEH PEMBELAJAR BAHASA JEPANG BERDASARKAN JOUGE KANKEI
NIKMATULLOH, HAMDAN (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-12)Japanese language has many expressions such as reminding expression. The reminding expression in Indonesia and in Japan have the same principle, that is, variations in the use of this expression can be influenced by the ... -
BELIEF PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM PERKULIAHAN CHUJOKYU DOKKAI
MEISA, WISTRI; INDRASWARI, THAMITA ISLAMI (UMY, 2017)Metode Student Centered Learning (SCL) berbasis JF Standard telah diterapkan dalam mata kuliah Chujokyu Dokkai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini berfokus pada belief pembelajar bahasa Jepang terhadap kegiatan SCL ... -
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG
HERMAWAN, MUHAMMAD FERDI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-10)Scientific approach is a learning approach that is carried out by scientific steps, namely by identifying problems, asking questions or hypotheses, observations or experiments to obtain data, analyze data, then ... -
INOVASI DAN DAYA SAING DALAM LINGUISTIK DAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING MASA KINI
MEISA, WISTRI; SURYADI, DEDI; ROSIAH, ROSI; HERNAWATI, HENI; DJAFRI, FATMAWATI (Pogram Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2023) -
KAJIAN MORFOLOGI SHOURYAKUGO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER
DEVANTO, HENDITYO SURYO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-12)This research is focus on process of shouryakugo on Social Media Twitter. This research was conducted to find out the shouryakugo form on social media of twitter. This study aims to determine the type and process of ... -
KEEFEKTIFAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
NUGROHO, EKO NOVIANTO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07)Kurangnya penguasaan kosakata dikalangan siswa merupakan suatu hambatan untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik. Media berperan penting untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pemilihan media yang baik menjadi ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD STIKER LINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
PUTRANTO, YUNUS BAGAS (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-08-21)Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu flashcard. Hal yang membedakan adalah media flashcard pada penelitian ini dikombinasikan dengan stiker Line. Stiker Line digunakan ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN ACAK HURUF HIRAGANA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
AJI, KUKUH SASONGKO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-11-19)The research entitled about The Effectiveness of the Hiragana Random Letters Game Media to Improve Japanese Vocabulary Comprehension. This study using a true experimental design of quantitative method, with the sample is ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
YULVIRAWATI, YULVIRAWATI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Penelitian ini berjudul keefektifan media word square dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar ... -
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
SARI, RAHAYU PRAMITA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) keefektifan penggunaan media crossword puzzle dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta; (b) respon siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta ... -
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU ILUSTRASI TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN POLA KALIMAT DASAR BAHASA JEPANG
SEKAR, MARHASTI KISWA ARUM (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-12)Saat ini siswa tingkat SMP sudah mulai tertarik belajar bahasa Jepang, salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jepang adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tingkat SMP ditemukan kendala tentang ... -
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN KANJI
JATI, INDAH KUSUMANING (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)Kanji is considered one of the hardest subjects in the Japanese language, especially for learners who come from a non-kanji country. Therefore, they are not used to writing in kanji, and the lack of exercise makes an impact ... -
KEEFEKTIFAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
PANGESTU, UJANG (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-04)Selama melaksanakan observasi kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 4 Yogyakarta, peneliti menemukan beberapa masalah yang menurut peneliti perlu mendapat perhatian. Salah satunya adalah pembelajaran bahasa Jepang yang ... -
KEEFEKTIFANMEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAANKOSAKATA BAHASA JEPANG
STEVANI, TRISILIA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07-19)Penelitian ini menggunakanmetode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatifasosiatif dengan bentuk hubungan kausal.Fokus utama pada penelitian ini adalahpenggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan penguasaan ... -
KENKYU HOHO NYUMON
INDRASWARI, THAMITA ISLAMI; MEISA, WISTRI; ROSIAH, ROSI (PBJ UMY, 2018-08-01)Buku diktat materi mata kuliah Kenkyu Hoho Nyumon, yaitu pengantar penelitian bahasa Jepang. -
KORELASI ANTARA MINAT PADA BUDAYA JEPANG DENGAN HASIL BELAJAR HURUF DAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
HASANAH, YULI FITRIANI NUR (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-11-17)Proses belajar mengajar didasari oleh minat siswa pada pelajaran yang akan dipelajari. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi siswa dalam belajar, yang tentunya akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa. Pada ...